Pendidikan merupakan proses yang sangat bergantung pada kualitas pendidik dalam membimbing pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi implementasi manajemen kelas dalam meningkatkan proses pembelajaran mahasiswa semester 3 pada mata kuliah Poetry and Drama in Language di Universitas La Tansa Mashiro. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan metode observasi dan wawancara. Data diperoleh dari sumber primer, yaitu dosen pengampu mata kuliah Poetry and Drama, dan sumber sekunder berupa hasil observasi fenomena di dalam kelas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen kelas memainkan peran penting dalam mengatasi hambatan pembelajaran, seperti kurangnya motivasi belajar, rendahnya keaktifan mahasiswa, dan kendala komunikasi antara mahasiswa, dosen, dan materi ajar. Dengan implementasi manajemen kelas yang efektif, potensi kelas dapat dioptimalkan sehingga proses pembelajaran menjadi lebih lancar, efisien, dan berhasil. Selain itu, dorongan untuk meningkatkan motivasi belajar dan partisipasi aktif mahasiswa terbukti mampu menciptakan lingkungan akademik yang mendukung pencapaian hasil belajar terbaik.
Copyrights © 2024