Journal of Education Research
Vol. 5 No. 4 (2024)

Manajemen Kelas untuk Mengoptimalkan Pembelajaran Mata Kuliah Poetry and Drama In Language di Universitas

Apriani, Reni (Unknown)
Nurpratiwi, Fheby Indriyanti (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Dec 2024

Abstract

Pendidikan merupakan proses yang sangat bergantung pada kualitas pendidik dalam membimbing pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi implementasi manajemen kelas dalam meningkatkan proses pembelajaran mahasiswa semester 3 pada mata kuliah Poetry and Drama in Language di Universitas La Tansa Mashiro. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan metode observasi dan wawancara. Data diperoleh dari sumber primer, yaitu dosen pengampu mata kuliah Poetry and Drama, dan sumber sekunder berupa hasil observasi fenomena di dalam kelas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen kelas memainkan peran penting dalam mengatasi hambatan pembelajaran, seperti kurangnya motivasi belajar, rendahnya keaktifan mahasiswa, dan kendala komunikasi antara mahasiswa, dosen, dan materi ajar. Dengan implementasi manajemen kelas yang efektif, potensi kelas dapat dioptimalkan sehingga proses pembelajaran menjadi lebih lancar, efisien, dan berhasil. Selain itu, dorongan untuk meningkatkan motivasi belajar dan partisipasi aktif mahasiswa terbukti mampu menciptakan lingkungan akademik yang mendukung pencapaian hasil belajar terbaik.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jer

Publisher

Subject

Humanities Education Mathematics Social Sciences

Description

Journal of Education Research is a peer-refereed open-access journal which has been established for the dissemination of state of the art knowledge in the field of education. This Journal is published for time per year at March, June, September and December by Perkumpulan Pengelola Jurnal PAUD ...