Journal of Education Research
Vol. 5 No. 4 (2024)

The Upaya Meningkatkan Efikasi Diri Pekerja Generasi Z di PT. Forisa Nusa Persada Cabang Denpasar

Arniti, Ni Ketut (Unknown)
Pradhana, I Putu Dharmawan (Unknown)
Maharta, I Dewa Putu Dipta (Unknown)
Praarsa, I Dewa Agung (Unknown)
Putra, Putu Adi Saskara (Unknown)
Latupeirissa, Jonathan Jacob Paul (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 Dec 2024

Abstract

Dalam menunjang keberhasilan suatu organisasi, peran pekerja generasi Z sangatlah dibutuhkan, karena Generasi Z atau yang sering disebut Gen Z merupakan orang-orang yang terbuka terhadap perkembangan teknologi. Namun dalam pertumbuhan era Generasi Z, mereka seringkali mudah merasa kurang percaya diri ketika segala sesuatunya tidak berjalan sesuai dengan keinginan mereka. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan mengimplementasikan upaya peningkatan efikasi diri pekerja Generasi Z di PT. Forisa Nusa Persada Cabang Denpasar. Efikasi diri, yang merujuk pada keyakinan individu terhadap kemampuan mereka dalam menyelesaikan tugas dan menghadapi tantangan, menjadi faktor kunci dalam meningkatkan produktivitas dan kepuasan kerja, terutama bagi Generasi Z yang memiliki karakteristik unik seperti adaptasi teknologi tinggi dan kebutuhan akan apresiasi kerja yang tinggi. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan survei sebagai instrumen utama untuk mengukur tingkat efikasi diri, disertai wawancara untuk menggali faktor-faktor penyebab dan strategi peningkatan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa efikasi diri pekerja Generasi Z dapat ditingkatkan melalui program pelatihan yang terarah, lingkungan kerja yang suportif, dan pemberian umpan balik yang konstruktif. Selain itu, penguatan komunikasi antar tim dan pengakuan terhadap pencapaian individu juga berkontribusi signifikan dalam membangun rasa percaya diri mereka. Implikasi dari penelitian ini memberikan rekomendasi strategis bagi perusahaan untuk merancang program pengembangan sumber daya manusia yang sesuai dengan kebutuhan dan karakteristik Generasi Z, sehingga dapat menciptakan tenaga kerja yang lebih percaya diri, inovatif, dan produktif.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jer

Publisher

Subject

Humanities Education Mathematics Social Sciences

Description

Journal of Education Research is a peer-refereed open-access journal which has been established for the dissemination of state of the art knowledge in the field of education. This Journal is published for time per year at March, June, September and December by Perkumpulan Pengelola Jurnal PAUD ...