Journal of Education Research
Vol. 5 No. 4 (2024)

Metode Mimicry Memorization dalam Pembelajaran Keterampilan Berbicara

Berliani, Denitia (Unknown)
Amrullah, Abdul Malik Karim (Unknown)
Kholil, Ahmad (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2024

Abstract

Pembelajaran keterampilan berbicara (maharah kalam) dalam bahasa Arab sering menghadapi kendala akibat minimnya metode yang efektif dan sesuai dengan kebutuhan siswa pemula. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan metode Mimicry-Memorization dalam meningkatkan keterampilan berbicara siswa di MTsN 6 Jakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi analisis, melibatkan observasi, wawancara, dan dokumentasi sebagai teknik pengumpulan data. Teknik analisis data menggunakan metode Miles & Huberman, dimulai dari ruduksi, penyajian, hingga penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode mimicry memorization efektif dalam meningkatkan kepercayaan diri siswa dan kemampuan berbicara mereka melalui latihan intensif imitasi dan penghafalan. Kesimpulannya, metode ini dapat diimplementasikan sebagai solusi praktis dalam pembelajaran bahasa Arab, khususnya bagi siswa pemula.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jer

Publisher

Subject

Humanities Education Mathematics Social Sciences

Description

Journal of Education Research is a peer-refereed open-access journal which has been established for the dissemination of state of the art knowledge in the field of education. This Journal is published for time per year at March, June, September and December by Perkumpulan Pengelola Jurnal PAUD ...