Penelitian ini bertujuan untuk menangani keterlambatan berbicara (speech delay) pada anak usia dini melalui penggunaan media Flash Card di TK Islam Al Falah. Keterlambatan berbicara merupakan masalah umum yang dihadapi oleh anak-anak berusia 3 hingga 5 tahun dan dapat mempengaruhi perkembangan bahasa serta sosial mereka. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif, di mana data dikumpulkan melalui observasi dan wawancara. Lokasi penelitian berfokus pada siswa kelompok B di TK Islam Al Falah, dan pengumpulan data dilakukan dengan cara mengamati interaksi anak-anak saat menggunakan media Flash Card serta melakukan wawancara dengan guru dan orang tua. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan Flash Card mampu meningkatkan kemampuan berbicara anak secara interaktif dan menarik, dengan peningkatan signifikan dalam kosa kata dan kemampuan komunikasi setelah penggunaan media ini. Penelitian ini menyarankan pengembangan lebih lanjut dari media pembelajaran berbasis Flash Card untuk mendukung proses belajar anak usia dini.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024