Masalah dalam penelitian ini yaitu, masih banyak siswa yang kecepatan larinya masih belum optimal dan teknik yang digunakan saat lari sprint masih banyak yang salah.Hal ini dikarenakan metode yang diterapkan belum efektif sehingga pembelajaran tidak mencapai hasil yang maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji efektivitas metode bagian/sintesa (Part Method} dalam meningkatkan kemampuan lari sprint siswa. Studi ini melibatkan 41 siswa SMA Negeri 3 Slawi Kabupaten Tegal Kelas XI. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan teknik observasi, teknik kepustakaan dan tes unjuk kerja. Program pembelajaran berbasis teknik mencakup latihan kecepatan, teknik start, dan perbaikan teknik saat berlari. Penilaian dilakukan pada awal dan akhir program untuk mengukur peningkatan kecepatan lari sprint . Hasil analisis menunjukkan peningkatan dalam kecepatan lari sprint. Rata-rata waktu awal tes pengukuran adalah 15.41 detik dan rata-rata akhir tes pengukuran adalah 14.83 detik. Temuan ini menunjukkan bahwa metode bagian/sintesa (Part Method) lebih efektif dalam meningkatkan kemampuan lari sprint siswa. Penelitian ini merekomendasikan integrasi metode pembelajaran ini dalam kurikulum pendidikan jasmani untuk mengoptimalkan performa lari sprint siswa. Implikasi praktis serta saran untuk penelitian lanjutan juga dibahas dalam jurnal ini.
Copyrights © 2024