Jurnal Pengabdian Mandiri
Vol. 3 No. 11: Nopember 2024

PENINGKATAN KOMPETENSI DIGITAL MARKETING DAN MARKETPLACE BAGI PESERTA DIDIK SMK NEGERI 5 PANGKALPINANG MELALUI PELATIHAN TERPADU

Sarwindah, Sarwindah (Unknown)
Hengki, Hengki (Unknown)
Marini, Marini (Unknown)
Yusnia, Yusnia (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Nov 2024

Abstract

Semakin meningkatnya kebutuhan akan keterampilan pemasaran digital dan pengelolaan pasar elektronik, terutama bagi lulusan sekolah menengah kejuruan yang akan memasuki dunia kerja. Kompetensi di bidang ini tidak hanya membuka lebih banyak peluang karir, tetapi juga mendukung kemandirian ekonomi melalui wirausaha berbasis digital. Kegiatan sosialisasi ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan pemasaran digital dan pengelolaan pasar elektronik bagi siswa di SMK Negeri 5 Pangkalpinang. Pelatihan ini dilaksanakan dalam bentuk program terintegrasi yang mencakup pemahaman dasar mengenai konsep pemasaran digital, pengenalan platform pasar elektronik, serta strategi pemasaran yang efektif di era digital. Metode pelatihan yang digunakan meliputi ceramah interaktif, studi kasus, dan praktik langsung dengan menggunakan media digital. Hasil dari pelatihan ini menunjukkan bahwa para peserta memiliki pemahaman yang lebih mendalam tentang pemasaran digital serta mampu membuat dan mengelola akun marketplace dengan lebih efektif. Diharapkan kegiatan ini dapat membantu meningkatkan daya saing lulusan SMK Negeri 5 Pangkalpinang dalam dunia kerja serta mendorong semangat kewirausahaan digital di kalangan peserta didik

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

JPM

Publisher

Subject

Humanities Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal Pengabdian Mandiri and with printed version of ISSN:2809-8889 and the online version of ISSN:2809-8579 accomodates original research, or theoretical papers. We invite critical and constructive inquiries into wide range of fields of study with emphasis on interdisciplinary approaches that ...