ALPHATEACH (JURNAL PROFESI KEPENDIDIKAN DAN KEGURUAN)
Vol 4 No 2 (2024): ALPHATEACH (JURNAL PROFESI KEPENDIDIKAN DAN KEGURUAN)

PENERAPAN METODE DRILL DALAM PEMBELAJARAN PAI PADA SISWA TUNAGRAHITA DI SLB NEGERI MANDIRAJA BANJARNEGARA

Setyaningsih, Sholehah (Unknown)
Kamal, Faisal (Unknown)
Fatkhurrohman, Fatkhurrohman (Unknown)



Article Info

Publish Date
17 Dec 2024

Abstract

Pendidikan Agama Islam merupakan mata pelajaran dimana metode menjadi salah satu faktor yang berpengaruh terhadap keberhasilan pelaksanaannya. Apalagi bagi siswa Tunagrahita yang memiliki hambatan intekektual. Metode yang dipilih harus menyesuaikan kebutuhan siswa, setidaknya bersifat interaktif dan dilaksanakan secara kontinu seperti Metode Drill. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana penerapan, faktor pendukung dan penghambat, serta hasil belajar siswa tunagrahita dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam menggunakan metode Drill di SLB Negeri Mandiraja Banjarnegara. Penelitian ini termasuk dalam kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yakni observasi, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan ketiga teknik tersebut diketahui bahwa penerapan Metode Drill dilaksanakan pada materi yang lebih banyak membutuhkan keterampilan dan melalui langkah tertentu. Ada beberapa faktor pendukung dan penghambat yang harus dikaji kembali guna meningkatkan penerapan Metode Drill di SLB Negeri Mandiraja Banjarnegara. Metode Drill memberikan hasil pembelajaran yang baik bagi anak tunagrahita pada pembelajaran PAI, khususnya dalam keterampilan siswa.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

alphateach

Publisher

Subject

Religion Social Sciences Other

Description

Jurnal ALPHATEACH menerbitkan artikel atau karya ilmiah hasil Penelitian dan Pengabdian Masyarakat dalam bidang Pendidikan ...