Berdasarkan kondisi yang terjadi di SMP Lenterahati Islamic Boarding School bahwa ada beberapa siswa yang mengalami Kestabilan emosi yang rendah ketika melakukan suatu pekerjaan maupun di hadapkan oleh suatu masalah. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh Teknik Being Positif (Realita) Terhadap Kestabilan Emosi Siswa SMP Lenterahati Islamic Boarding School. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Teknik Being Positif (Realita) Terhadap Kestabilan Emosi Siswa SMP Lenterahati Islamic Boarding School. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah angket sebagai metode pokok, observasi, wawancara dan dokumentasi sebagai metode pelengkap dengan menggunakan rancangan one group pre-test and post-tes desigen. Dalam penelitian ini populasi penelitian berjumlah 74 siswa dan 7 siswa yang memiliki kestabilan emosi rendah. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampel dan untuk analisis data menggunakan rumus t-test. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh nilai t-hitung sebesar 21,789 dengan nilai t-tabel pada taraf signitifikansi 5% dengan db (N-1) = 5 sebesar 2,447. Dengan demikian nilai t-hitung lebih besar dari pada t-tabel (21,789 > 2,447) sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa ada pengaruh Teknik Being Positif (Realita) Terhadap Kestabilan Emosi Siswa SMP Lenterahati Islamic Boarding School.
Copyrights © 2024