Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh variabel cashback dan variabel web quality pada penyedia e-commerce khususnya Shopee terhadap keputusan pembelian baik secara langsung maupun tidak langsung dengan mediasi minat beli melalui kerangka analisis teori Technology Acceptance Model (TAM). Studi ini perlu dikaji karena adanya fenomena bisnis penurunan angka pengguna yang dialami semua penyedia e-commerce di Indonesia kecuali Shopee dibandingkan Tokopedia, Lazada, dan Bukalapak. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan melibatkan mahasiswa di Surakarta terkhusus pada mahasiswa UIN Raden Mas Said Surakarta sebagai sampel penelitian. Teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling dengan 49 responden kemudian diolah menggunakan software Smart PLS 3.0. Hasil dari penelitian ini secara parsial mengungkapkan bahwa variabel cashback dan variabel web quality tidak berpengaruh secara signifikan pada minat beli, sedangkan minat beli berpengaruh pada keputusan pembelian pelanggan. Temuan lain pada penelitian ini yakni secara tidak langsung variabel web quality bisa berpengaruh signifikan pada keputusan pembelian apabila dimediasi oleh variabel minat beli. Rekomendasi penelitian ini yakni penyedia e-commerce perlu upaya mendorong angka minat beli yang diimbangi dengan peningkatan web quality dalam rangka menghasilkan keputusan pembelian riil.
Copyrights © 2024