Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi efektivitas penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dalam meningkatkan keterampilan dribbling siswa kelas V di SD Budi Satrya. PBL menawarkan pendekatan pembelajaran yang berfokus pada pemecahan masalah nyata, dengan harapan dapat meningkatkan keterampilan serta motivasi siswa. Penelitian ini akan menilai dampak PBL terhadap peningkatan keterampilan dribbling, motivasi, dan keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain eksperimen semu, Populasi penelitian adalah siswa kelas V SD Budi Satrya, dengan sampel sebanyak 30 siswa yang dipilih. melalui teknik random sampling. Data dikumpulkan melalui tes dan observasi, sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif dengan menghitung persentase, distribusi frekuensi, dan rata-rata hasil observasi serta angket. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan nilai keterampilan dribbling pada kelompok eksperimen, yang rata-ratanya meningkat dari 65 menjadi 80, sementara kelompok kontrol hanya meningkat menjadi 70. PBL mendorong siswa untuk lebih aktif berpartisipasi dalam pembelajaran, terlibat dalam diskusi, dan lebih mandiri dalam memahami konsep dribbling, terutama dalam situasi permainan nyata.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024