Journal of Education and Instruction (JOEAI)
Vol. 7 No. 2 (2024): JOEAI (Journal of Education and Instruction)

Analisis Kesesuaian Instrumen dalam Pembelajaran untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XI Madrasah Aliyah Swasta Yapari

Mira Wahyuni (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara)
Ayu Riski Aulia (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara)
Dicky Armanda (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara)
Hanifa Mawaddah (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara)
Qoyum Amalia (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara)
Rifda Rifda (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara)



Article Info

Publish Date
25 Dec 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kelayakan instrumen penilaian yang diterapkan oleh guru pada mata pelajaran sistem reproduksi manusia kelas XI Madrasah Aliyah Swasta Yapari. Sampel penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI Madrasah Aliyah Swasta Yapari dengan menggunakan metode deskriptif analitis, yaitu suatu metode yang digunakan untuk meneliti status suatu objek, kondisi tertentu, ataupun suatu peristiwa pada masa sekarang yang bertujuan untuk membuat deskripsi, memberikan gambaran yang faktual dan akurat mengenai objek yang diselidiki. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan menganalisis LKPD yang dirancang oleh guru di Mas Yapari Hamparan Perak, kemudian dianalisis menggunakan instrumen kesesuaian PBL. Instrumen yang dianalisis yaitu dokumen LKPD. Instrumen yang digunakan yaitu Instrumen checklist untuk menjawab kesesuaian antara LKPD dengan model pembelajaran. Dari hasil angket yang disebar mendapatan hasil 75% sesuai LKPD dengan materi sistem reproduksi manusia dan 25 % tidak sesuai LKPD dengan materi sistem reproduksi manusia dari hasil tersebut menyatakan bahwa LKPD sesuai dengan materi sistem reproduksi manusia dalam pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Kata kunci : Instrumen Penilaian, Analisis, Hasil Belajar

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

JOEAI

Publisher

Subject

Humanities Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Development: defining design specification to specific form, such as developing learning materials through learning materials, handout, learning tools including audio, visual, audiovisual. Equipment: empowering the process and learning source to achieve learning objective. Evaluation: starting from ...