Journal of Education and Instruction (JOEAI)
Vol. 7 No. 2 (2024): JOEAI (Journal of Education and Instruction)

Pengaruh Model Pembelajaran Team Games Tournament terhadap Pemahaman Konsep pada Materi Perubahan Energi

Vina Nova Permata (Universitas Pendidikan Indonesia)
Ali Ismail (Universitas Pendidikan Indonesia)
Ani Nur Aeni (Universitas Pendidikan Indonesia)



Article Info

Publish Date
20 Dec 2024

Abstract

Penelitian ini dilakukan karena rendahnya partisipasi siswa dalam pembelajaran. Salah satunya ditandai dengan sikap siswa yang tidak aktif dalam bertanya, berdiskusi, dan rendahnya motivasi atau antusias siswa terhadap pembelajaran. Temuan di lapangan menunjukkan penggunaan model pembelajaran yang kurang variatif dalam pembelajaran menjadi salah satu penyebab rendahnya partisipasi siswa dalam pembelajaran terutama dalam pembelajaran IPA. Banyak ditemukan siswa yang kurang berpartisipasi aktif sehingga cukup sulit untuk memahami dan menguasai materi yang dipelajari. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi experiment dengan non-equivalent control group design. Populasi pada penelitian ini yakni siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri yang terakreditasi A di Kecamatan Rancaekek. Sampel yang digunakan pada penelitian ini yakni siswa SDN Bojong Salam 01 tahun ajaran 2023-2024 kelas IV A sebanyak 31 siswa sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas IV B sebanyak 31 siswa sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan yakni pretest-posttest. Hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa terdapat perbedaan pemahaman konsep siswa menggunakan model team games tournament dengan pemahaman konsep siswa menggunakan model ceramah. Selain itu, penelitian ini menunjukkan bahwa model pembelajaran team games tournament berpengaruh positif terhadap pemahaman konsep siswa kelas IV pada materi perubahan energi. Kata Kunci: Team Games Tournament, Pemahaman Konsep, Siswa Sekolah Dasar

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

JOEAI

Publisher

Subject

Humanities Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Development: defining design specification to specific form, such as developing learning materials through learning materials, handout, learning tools including audio, visual, audiovisual. Equipment: empowering the process and learning source to achieve learning objective. Evaluation: starting from ...