Journal of Education and Instruction (JOEAI)
Vol. 7 No. 2 (2024): JOEAI (Journal of Education and Instruction)

Mengembangkan Kreativitas Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Melalui Permainan Edukasi World Wall

Siti Seituni (STKIP PGRI Situbondo)
Arico Ayani Suparto (STKIP PGRI Situbondo)
Dyan Yuliana (5STKIP PGRI Situbondo)
A Muammar Alawi (UPN Veteran)
Iva Datul Hasanah (STKIP PGRI Situbondo)



Article Info

Publish Date
07 Dec 2024

Abstract

Merancang secara cermat penggunaan media pembelajaran yang relevan dan terkini sesuai dengan materi dapat meningkatkan minat belajar siswa dan efektivitas komunikasi antara guru dan siswa. Media pembelajaran berperan sebagai alat penunjang pelaksanaan metode pembelajaran yang dipilih oleh pendidik. Khususnya dalam konteks pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI), masih banyak guru yang menggunakan media yang terbatas, sehingga kurang mampu menarik minat belajar siswa. Model yang digunakan dalam penelitian ini adalah model ADDIE (Analysis Design Development Implementation and Evaluate). proses penelitian dan pengembangan pada model ADDIE meliputi lima tahapan dengan penjelasan sebagai berikut: analisis, desain, pengembangan, implementasi dan evaluasi. Teknik analisis dalam penelitian ini adalah dengan mendeskripsikan data yang diperoleh dari kuesioner yang telah dikirimkan. Informasi kuantitatif diperoleh dari kuesioner yang diukur dengan skala Linkert empat poin. hasil analisis didapatkan bahwa penerapan worldwall dapat lebih cepat membangkitkan pemahaman siswa serta dapat meningkatkan pemahaman dan kreativitas siswa dalam memahami materi PAI dan analisis pengembangan berdasarkan data kuantitatif dengan 27 responden dengan r tabel 0,68 diperoleh r hitung yang signifikan, sehingga dapat dapat disimpulkan bahwa aplikasi worldwall layak untuk digunakan. Kata kunci:Kreativitas, Tembok Dunia, PAI

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

JOEAI

Publisher

Subject

Humanities Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Development: defining design specification to specific form, such as developing learning materials through learning materials, handout, learning tools including audio, visual, audiovisual. Equipment: empowering the process and learning source to achieve learning objective. Evaluation: starting from ...