Penelitian ini bertujuan untuk meneliti efektivitas Penerapan Model Discovery Learning dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Sekolah Dasar kelas V.A UPT SPF SD Inpres Mangasa 1. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus, dengan setiap siklus terdiri dari 4 tahapan: perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Untuk mengukur tingkat persentase proses dan hasil belajar peserta didik, peneliti menggunakan lembar observasi dan tes evaluasi pada setiap siklus. Subjek penelitian ini adalah guru dan 15 peserta didik kelas V.A UPT SPF SD Inpres Mangasa 1 pada tahun ajaran 2023/2024, terdiri dari 12 orang laki-laki dan 3 orang perempuan. Analisis data dilakukan selama dan sesudah pengumpulan data menggunakan teknik analisis data kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan Model Discovery Learning dalam 2 siklus menghasilkan peningkatan hasil belajar peserta didik dari kategori cukup di siklus I menjadi kategori baik di siklus II. Peningkatan ini mencapai indikator yang telah ditetapkan. Berdasarkan hasil penelitian ini, dapatĀ disimpulkan bahwa Penerapan Model Discovery Learning terbukti efektif dalam meningkatkan hasil belajar matematika peserta didik Sekolah Dasar kelas V.A UPT SPF SD Inpres Mangasa 1 materi penyajian data.
Copyrights © 2024