Pengembangan Penelitian Pengabdian Jurnal Indonesia (P3JI)
Vol. 2 No. 4 (2024): Vol. 2 No. 4 (2024): P3JI - NOVEMBER

PENGARUH METODE DEMONSTRASI TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA PADA SISWA KELAS 2 SD NEGERI 054948 CINTA RAKYAT

Sirtauli Octavia Br Regar (Unknown)
Theresia Monika Siahaan (Unknown)
Natalina Purba (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Oct 2024

Abstract

Salah satu tujuan adanya pembelajaran yaitu meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran yang diajarkan pada siswa. Hasil belajar siswa ini dapat berupa kemampuan, keterampilan dan pemahaman siswa terhadap materi yang disampaikan oleh guru. Sehingga perlu adanya metode pembelajaran yang tepat agar hasil belajar yang diperoleh dapat maksimal. Adapun salah satu metode pembelajaran yaitu dengan menggunakan metode demonstrasi. Metode demonstrasi adalah kegiatan dalam proses pembelajaran menggunakan peragaan dari suatu proses atau benda maupun suatu kejadian yang ditampilkan di hadapan peserta didik dimana hal yang diperagakan sudah sesuai dengan materi pembelajaran. tujuan adanya penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh metode demonstrasi terhadao hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas 2 di SDN 054948 Cinta Rakyat. Adapun penelitian ini menggunakan metode pengumpulan data dengan menggunakan instrumen tes baik pada pretest dan posttest. Adapun hasil pretest yang diperoleh peneliti yaitu dengan jumlah nilai 1320 dengan nilai rata-rata 44 dan nilai terintinggi 72 serta nilai terendah 28. Sedangkan hasil posttest diperoleh jumlah nilai sebesar 2584 dengan nilai rata-rata 86,13333 dan nilai tertinggi 100 serta nilai terendah 72. Berdasarkan hasil pretest dan posttest yang telah dilakukan maka dapat dibandingkan bahwa terjadinya perubahan nilai dari rata-rata sebelumnya 44 menjadi 86,1333, sehingga terjadi peningkatan sebesar 42,1333. Selain hasil pretest dan posttest, peneliti juga melakukan uji statistic yang memperoleh nilai Thitung sebesar 2,983 > 0,2144 Ttabel dan nilai signifikasn diperoleh 0,006 < 0,05. Artinya metode pembelajaran demonstrasi terdapat pengaruh terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas 2 di SDN 054948 Cinta Rakyat secara parsial dan signifikan.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

p3ji

Publisher

Subject

Computer Science & IT Economics, Econometrics & Finance Languange, Linguistic, Communication & Media Materials Science & Nanotechnology Social Sciences Other

Description

Pengembangan Penelitian Pengabdian Jurnal Indonesia (P3JI) adalah jurnal yang memuat artikel-artikel terkait penelitian dan pengabdian kepada masyarakat dari berbagai disiplin ilmu dalam bidang pendidikan, sains dan teknologi, kemasyarakatan, entrepreneurship, serta kebijakan manajemen yang diadopsi ...