Media pembelajaran pada tahap orientasi pembelajaran akan sangat baik membantu keefektifan proses pembelajaran dan menyampaikan pesan dan isi materi yang telah disampaikan pada saat jam pembelajaran berlangsung dan sampai akhir. Namun nyatanya media yang digunakan untuk menyampaikan materi dalam kegiatan pembelajaran di SDN Banjarsengon 02 hanyaa buku pedoman, media nyata, dan juga video. Penelitian ini bertujuan (1) untuk menghasilkan sebuah media ular tanggaa digital untuk memperkuat dimensi bernalar kritis siswa kelas V SDN Banjarsengon 02 pada materi pancasila dalam kehidupanku; dan (2) untuk mengetahui taraf kevalidan, taraf keefektifan, dan taraf kepraktisan media ular tangga digital yang dibuat pada materi pancasila dalam kehidupanku terhadap siswaa kelas V SDN Banjarsengon 02. Jenis penelitian tersebut yang digunakan yaitu R&D (Research and Development) dengan model pengembangan ADDIE yangg terdiri atas analyze, design, develop, implement, evaluation. Hasil penelitian ini juga menujukkan berdasarkan hasil penilaian dan persentase kemudian dianalisis t-test diperoleh nilai t-hitung sebesar 14,477. Jika dibandingkan dengan t-tabel dengann taraf signifikansi 0,05 diperoleh perbandingan 14,477 > 1,681, maka media ular tanggaa digital dinyatakan efektif. Langkah selanjutnyaa merupakan yaitu produk diujicobakan pada ER untuk mengetahui tingkat keefektifannya. dan hasil perhitungan. ER, bahwa ular tangga digital menunjukkan efektifitas sebesar 74,07% yang termasuk kedalam keefektifan tinggi bila dibandingkan dengan buku yang diajar secara konvensional
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024