Pembelajaran di pendidikan tinggi Indonesia menghadapi banyak tantangan yang unik dan kompleks karena budaya akademik tidak mendorong pemikiran kritis dan eksplorasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menyelidiki dan mengevaluasi desain pembelajaran scaffolding yang menggunakan media digital untuk 58 mahasiswa di Universitas PGRI Silampari. Model pengembangan 4 D terdiri dari Definisi (Pendefinisian), Desain (Desain), Pengembangan (Pengembangan), dan Penyebaran (Penyebaran). Untuk menganalisis data, uji komparatif (uji t) digunakan. Hasil penelitian tahap design dilakukan perancangan model pembelajaran scaffolding berbantuan media digital pada pengembangan aktivitas pembelajaran yang memberikan dukungan bertahap kepada mahasiswa. Pada tahap develop diperoleh hasil validasi ahli dengan rata-rata penilaian 88.28%. Hasil efektivitas menunjukkan bahwa kelompok eksperimen memiliki hasil belajar rata-rata 5.86, lebih tinggi dari kelompok kontrol, yang hanya memiliki 5.47. Hasil uji sampel t-test independen menunjukkan signifikansi yang sangat tinggi (Sig. 2-tailed = 0.358 > 0.05). Laporan penelitian, publikasi, dan seminar menyebarkan temuan. Penelitian ini menemukan cara untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan siswa tentang pembelajaran scaffolding dengan media digital. Penelitian ini juga membantu mengembangkan model pembelajaran berbasis teknologi digital untuk scaffolding
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024