Jurnal Basicedu
Vol. 8 No. 6 (2024)

Kepemimpinan Berbasis Data sebagai Strategi Peningkatan Kualitas Pembelajaran di Tingkat Sekolah Dasar

sabthazi, Aris (Unknown)
Fazrin, Fauziyah Hayati (Unknown)
Okialgie, Olga (Unknown)
Rosilawati, Ela (Unknown)
Megawaty, Eva Farihah (Unknown)
Tisatun, Tisatun (Unknown)
Setiawati, Euis (Unknown)
Sarimah, Sarimah (Unknown)



Article Info

Publish Date
16 Jan 2025

Abstract

Kepemimpinan berbasis data semakin penting dalam konteks pendidikan modern untuk meningkatkan kualitas pengambilan keputusan. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi penerapan kepemimpinan berbasis data oleh kepala sekolah di tingkat Sekolah Dasar, Kota Cirebon. Metode penelitian yang digunakan adalah studi kasus dengan pendekatan deskriptif kualitatif, mengandalkan wawancara terstruktur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepala sekolah secara konsisten menggunakan data untuk mendukung kebijakan pendidikan, mengukur kemajuan akademik siswa, dan mengevaluasi kompetensi guru. Penggunaan data ini memudahkan perencanaan program yang lebih akurat dan objektif, serta membantu dalam menentukan prioritas yang tepat. Kepala sekolah juga menggunakan data untuk memantau perkembangan siswa dan mengevaluasi efektivitas program yang diterapkan. Simpulan dari penelitian ini menekankan bahwa kepemimpinan berbasis data dapat memperbaiki kualitas pembelajaran dan hasil belajar siswa secara signifikan. Kepala sekolah yang menggunakan data dalam pengambilan keputusan mampu menciptakan kebijakan yang lebih tepat sasaran dan meningkatkan efektivitas program pendidikan di sekolah. Selain itu, penggunaan data juga membantu dalam mengidentifikasi area yang memerlukan perbaikan dan merencanakan intervensi yang sesuai. Dengan demikian, kepemimpinan berbasis data tidak hanya meningkatkan kualitas pengajaran tetapi juga menciptakan lingkungan belajar yang lebih efektif dan efisien.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

basicedu

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Penelitian tentang ilmu kependidikan dan bertujuan membandingkan keefektifan model pendekatan contextual teaching and learning (CTL) dan pendekatan discovery yaitu dengan memberi soal pemecahan masalah pembelajaran matematika terhadap kemampuan berpikir kreatif mahasiswa PGSD Universitas ...