Penelitian ini mengevaluasi efektivitas penggunaan video dokumenter Social Dilemma dari Netflix sebagai media pembelajaran dalam mata pelajaran Informatika di SMP Negeri 5 Tangerang. Fokus penelitian adalah untuk mengidentifikasi dampak video dokumenter terhadap motivasi dan prestasi belajar peserta didik, serta bagaimana video ini mendukung pemahaman konsep-konsep informatika dan dampak sosialnya. Metode penelitian melibatkan analisis terhadap desain dan kualitas video, relevansi isi, durasi, serta keterlibatan peserta didik dalam kegiatan pembelajaran berbasis video. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Social Dilemma dapat meningkatkan motivasi belajar, keterlibatan aktif, dan pemahaman konsep-konsep abstrak melalui penyajian visual dan narasi yang menarik. Video ini juga memperkaya pengalaman belajar dengan menyediakan konteks kehidupan nyata, meningkatkan retensi informasi, dan mendukung pengembangan keterampilan kritis. Berdasarkan temuan tersebut, disarankan agar video dokumenter digunakan secara strategis dalam pengajaran dengan memperhatikan faktor-faktor seperti kualitas media, kesesuaian dengan kurikulum, dan integrasi dengan aktivitas pembelajaran. Peningkatan fasilitas seperti ruang audio-visual dan pelatihan bagi guru juga diperlukan untuk memaksimalkan efektivitas media pembelajaran ini. Penelitian ini memberikan dasar bagi pengembangan metode pengajaran yang lebih inovatif dan berorientasi pada profil Pelajar Pancasila, dengan harapan meningkatkan kualitas pendidikan di tingkat SMP
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024