cover
Contact Name
Lisda Ramdhani
Contact Email
lisdaramdhani@habi.ac.id
Phone
+6281337237577
Journal Mail Official
prodiinformatika6@gmail.com
Editorial Address
Jl. Lintas Bolo-Donggo, Bolo Kab. Bima, NTB
Location
Kota bima,
Nusa tenggara barat
INDONESIA
INFOTIKA: Jurnal Pendidikan Informatika
Published by STKIP Harapan Bima
ISSN : 28291026     EISSN : 28291018     DOI : 10.56842
INFONTIKA: Jurnal Pendidikan Informatika yang diterbitkan oleh STKIP Harapan Bima dengan periode terbit setiap bulan April dan Oktober (dua kali setahun). Jurnal ini menerbitkan artikel studi konseptual dan menganalisis hasil penelitian empiris.
Articles 30 Documents
PENGGUNAAN SOFTWARE SIMULASI LOGIC CIRCUIT DESIGNER (LCD) SEBAGAI MEDIA BELAJAR MATERI GERBANG LOGIKA UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN Indri Astuti
Infomatika: Pendidikan Informatika Vol 1, No 01 (2022): April 2022
Publisher : INFOTIKA: Jurnal Pendidikan Informatika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan software simulasi logic circuit designer sebagai media belajar pada materi gerbang logika terhadap keterampilan peserta didik Kelas Xa TKJ di SMK Negeri 7 Mataram. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data, diperoleh nilai rata-rata keterampilan proses sains sebesar 79,02. Jika dikategorikan, 100,00% berada pada kategori keterampilan proses sains diatas rata-rata. Dari hasil pengujian hipotesis diperoleh nilai t hitung sebesar 5,29 dan nilai t tabel sebesar 1,171 maka dapat dinyatakan bahwa 5,29 1,171. Hal ini menunjukkan bahwa Ha pada penelitian ini diterima. Dari hasil ini maka dapat disimpulkan bahwa keterampilan proses sains peserta didik kelas Xa mengalami peningkatan dari nilai standar KKM 75.
Pembangunan Infastruktur Internet Murah pada Masyarakat Kota Bima Ardi Rahmawan
Infomatika: Pendidikan Informatika Vol 1, No 02 (2022): Oktober 2022
Publisher : INFOTIKA: Jurnal Pendidikan Informatika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Internet murah merupakan jaringan dalam ruang lingkup Rukun Tetangga (RT)/RW Rukun Warga. RT/RW net yang di bangun merupakan suatu konsep dimana beberapa komputer dalam suatu lingkungan atau blok dapat saling terhubung dan berbagi data serta informasi, jaringan RT/RW net ini dibangun menggunakan sistem paraler dengan tepologi jaringan Lokal Are Network (LAN) yang dapat menghasilkan jaringan komputer dengan kecepata Tinggi. Penarapan jaringan RT RW ini menggunakan kabel UTP, Fiber Optick, Coaxial dan Wareless untuk menyebarkan jaringan. Penelitian ini bertujuan membangun sebuah jaringan internet murah yang dapat di akses oleh warga santi. Subjek penelitian yaitu beberapa warga yang domisili santi kota bima. Data diperoleh melalui obsevasi, kajian dokumen dan wawancara. Observasi dilakukan untuk mengatahui masyarakat yang ingin di pasangkan internet (RT/RW NET) dirumahnya. Data tersebut didukung oleh kajian dokumen berupa KTP warga yang berdomisi santi guna mengatahui masyarakat tersebut asli beralamat di santi kota bima. Wawancara dilakukan untuk mengatahu kecepatan internet RT RW net saat di gunakan. Alur penelitian ini meliputi: melakukan studi litelatur dan penyusunan rencana, Melakukan obsevasi Awal, menyusul proposal dan instrumen penelitian yang dibutuhkan, Melakukan validasi instrumen penelitian, Melaksanakan penelitian yang terdiri dari obsevasi, kajian dokumen dan wawancara, Melakukan analisis dan penyusunan data, Melakukan penyusunan artikel dan luaran, Melakukan perancangan laporan akhir dan finalisasi laporan akhir.
PEMANFAATAN E-LEARNING DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI Imanduddin Saitya
Infomatika: Pendidikan Informatika Vol 1, No 01 (2022): April 2022
Publisher : INFOTIKA: Jurnal Pendidikan Informatika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Kemajuan teknologi memberikan manfaat dalam belajar (memperoleh sumber belajar) dan interaksi belajar. Pada dunia pendidikan abad 21 ini penguasaan tekhnologi sangat diharuskan karena tekhnologi memberikan kemudahan dalam memperoleh sumber belajar. Pendidikan jasmani merupakan pendidikan yang memanfaatkan aktifitas jasmani (gerak) yang memiliki makna bagi anak sehingga dalam pembelajaran yang memberikan proporsional dan memadai pada domain-domain pembelajaran yaitu psikomotorik, kognitif, dan afektif. Dalam pembelajaran yang bersifat kognitif atau teoritis guru pendidikan jasmani dapat memanfaatkan media E-Learning dalam proses pembelajaran terkait materi yang akan disampaikan dan siswa mendapatkaan kemudahan belajar dimanapun dan kapanpun yang terpenting terakses dengan jaringan internet.
Sistem Informasi Pemasaran Perumahan Berbasis Web Rahmawan, Ardi; Ramdhani, Lisda; Ramadhan, Puji Laila
Infomatika: Pendidikan Informatika Vol 2, No 1 (2023): April 2023
Publisher : STKI Harapan Bima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56842/infotika.v2i1.187

Abstract

Perkembangan bisnis perumahan di Nusa Tenggara Barat berkembang pesat seiring bertambahnya laju pertumbuhan penduduk. Untuk memenuhi kebutuhan permintaan akan tempat tinggal, maka bisnis perumahan dapat ditemui secara mudah. Berbagai tawaran ditawarkan oleh pengembang. Mulai jenis perumahan sederhana sampai jenis yang elit. Untuk memperkenalkan produk atau jasa yang dihasilkan, sebuah perusahaan dituntut untuk melakukan serangkaian proses promosi, begitu pula dengan bisnis properti/perumahan. Melalui promosi diharapkan proses pemasaran dapat berjalan dengan lancar. Seperti halnya produk-produk lain, pemasaran bisnis perumahan dilakukan menggunakan berbagai media. Perkembangan teknologi membawa dampak positif bagi penanganan masalah pemasaran perumahan. Internet yang sudah mulai menjamur memungkinkan pemasaran dilakukan tanpa ada batasan waktu dan tempat. Penyampaian informasi pemasaran tidak dibatasi oleh ruang dan waktu memungkinkan informasi sampai tepat sasaran. Terlebih dengan adanya internet for mobile, maka pengaksesan informasi dapat dilakukan dengan genggaman tangan tanpa menyita banyak waktu untuk melakukannya. Kapan saja seseorang mungkin melakukan pencarian informasi tanpa ada ikatan waktu. Dalam 24 jam informasi dapat diperoleh dengan mudah dan akurat. Dari uraian diatas dapat disimpulkan bahwa pentingnya membangun sebuah media promosi modern, khusunya bidang bisnis perumahan yang tidak dibatasi oleh ruang dan tempat akses. Yaitu sebuah sistim informasi pemasaran perumahan berbasis Web
PENGARUH PENGEMBANGAN KURIKULUM PENDIDIKAN VOKASI BIDANG KEAHLIAN INFORMATIKA UNTUK MENGHADAPI DUNIA KERJA S. Suharti; F. Faidin
Infomatika: Pendidikan Informatika Vol 1, No 01 (2022): April 2022
Publisher : INFOTIKA: Jurnal Pendidikan Informatika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Kebutuhan Dunia Kerja berkembang pesat seiring dengan dinamika globalisasi khususnya di bidang teknologi. Oleh karena itu pendidikan dan kurikulum yang berkelanjutan harus ada untuk menghadapi dan menghadapi Dunia Kerja di era globalisasi. Kurikulum kejuruan berpusat pada Pekerjaan Dunia siswa karena itulah satu hal yang membantu siswa mendapatkan dunia kerja di mana saja. Penulis menggunakan studi pustaka untuk melihat data dari jurnal, website, buku, dan informasi pemerintah. Kemudian penulis berharap penelitian ini dapat menjadi bahan pertimbangan untuk mengembangkan kurikulum pendidikan vokasi.
IMPLEMENTASI ALGORITMA GREEDY UNTUK PENENTUAN PRIORITAS LOKASI WISATA BERDASARKAN JARAK TERDEKAT Ardi Rahmawan; Lisda Ramdhani; Baha’udin Baha’udin
Infomatika: Pendidikan Informatika Vol 1, No 01 (2022): April 2022
Publisher : INFOTIKA: Jurnal Pendidikan Informatika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Indonesia sebagai negara kepulauan memberikan keunggulan tersendiri dalam bidang pariwisata, misalnya wisata bahari yang memanfaatkan gugusan pulau-pulau kecil yang di sekitarnya terdapat terumbu karang, ikan, pantai pasir, hempasan ombak, rumput laut dan biota-biota laut khas lainnya. Khususnya di provinsi nusa tenggara barat yang memiliki pulau-pulau kecil dan didukung oleh keindahan alamnya yang mempesona seperti di Kabupaten Lombok Barat. Melihat potensi di kabupaten Lombok Barat yang banyak mendatangkan wisatawan tentunya menjadi tantangan bagi penyedia jasa transportasi wisatawan. Pada aplikasi ini akan dibuat sistem informasi layanan transportasi wisata dengan implementasi Algoritma Greedy. Layanan yang akan dibuat pada aplikasi ini akan menawarkan informasi tempat wisata yang dapat dikunjungi dan menginformasikan biaya pada customer. dimana biaya ini mencakup biaya tiket masuk, serta tarif untuk taksi berdasarkan seberapa jauh jarak yang ditempuh. Pada pembuatan aplikasi ini, informasi yang diperlukan sistem sebagai input adalah tempat wisata. Setiap pengguna dapat memasukkan tempat wisata yang akan dia kunjungi. Kemudian sistem akan menerima inputan tersebut dan menghitung setiap waktu dan biaya yang dikeluarkan oleh pengguna selama berwisata.
Analisis Penggunaan Whatsapp Grup Sebagai Media Komunikasi Pembelajaran Daring STKIP Harapan Bima di Tengah Wadah Covid 19 Riska Febriyanti; Feri Fadlin
Infomatika: Pendidikan Informatika Vol 1, No 01 (2022): April 2022
Publisher : INFOTIKA: Jurnal Pendidikan Informatika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Ditengah Pandemi Virus Corona atau Covid-19 yang melanda indonesia membuat pemerintah mengeluarkan kebijakan untuk sementara mengalihkan metode belajar tatap muka di perguruan tinggi menjadi penerapan kelas berbasis online. Seperti halnya Stkip Harapan Bima, Stkip Harapan Bima memberlakukan sistem kuliah online. Dalam proses kuliah online ini fitur Whatsapp grup merupakan salah satu media yang digunakan dalam proses kuliah daring ini. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana proses dan pemanfaatan Whatsapp sebagai media komunikasi kuliah online pendidikan Informatika di Stkip Harapan Bima angkatan 2020. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif. Dalam pengumpulan data penelitian ini melakukan observasi terhadap grup whatsapp. Sedangkan teknik analisis data penelitian ini yaitu deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini adalah fitur whatsaap grup merupakan salah satu alternative yang baik digunakan dalam proses komunikasi online. Banyak sekali manfaat yang ditimbulkan dan juga mahasiswa menjadi aktif dalam kelas walaupun tidak melakukan tatap muka.
Kontribusi Pembelajaran berbasis Virtual Reality (VR) dalam upaya Peningkatan Pembelajaran Berkelanjutan Cuhanazriansyah, Muhammad Rinov
Infomatika: Pendidikan Informatika Vol 2, No 2 (2023): Oktober 2023
Publisher : STKI Harapan Bima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56842/infotika.v2i2.264

Abstract

Virtual Reality adalah teknologi yang menjembatani antar dua dunia yakni dunia nyata dan dunia maya  yang sedang berkembang pada zaman sekarang. Tulisan ini didasarkan pada tinjauan literatur dari sejumlah jurnal dan artikel ilmiah tentang penggunaan VR dalam proses pembelajaran. Selanjutnya, hasil penelitian dievaluasi untuk menentukan manfaat dan kekurangan Virtual Reality sebagai media pembelajaran. Selain itu, untuk mengetahui bagaimana Generasi Z akan menggunakan VR untuk pembelajaran berkelanjutan di masyarakat 5.0 dalam waktu dekat, hasil tersebut juga diperiksa. Ditunjukkan bahwa siswa menunjukkan minat yang lebih besar dan merespons positif terhadap teknik Virtual Reality ini. Karena dapat melampaui batas waktu dan ruang, Virtual Reality (VR) dianggap dapat menjadi pendekatan pembelajaran masa depan. Ini juga dianggap dapat digunakan oleh semua siswa, termasuk anak-anak dan siswa berkebutuhan khusus. Masalah kesehatan, biaya peralatan, dan infrastruktur internet yang terbatas di Indonesia adalah masalah utama VR.Generasi Z, yang terkenal dengan keakrabannya dengan teknologi digital, diharapkan dapat memainkan peran penting dalam keberhasilan penerapan VR sebagai alat pendidikan di masa depan masyarakat 5.0. Hal ini akan berkontribusi terhadap pencapaian tujuan pendidikan nasional dan SDG keempat demi kemajuan Indonesia
Analisis Kepuasan Mahasiswa terhadap Penggunaan Sistem Administrasi Akdemik (SIAKAD) di STKIP Harapan Bima Menggunakan PIECES Framework Hardianti, Hardianti; Arwan, Arwan
Infomatika: Pendidikan Informatika Vol 3, No 1 (2024): April 2024
Publisher : STKI Harapan Bima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56842/infotika.v3i1.316

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganilisis tingkat kepuasan mahasiswa terhadap penggunaan sistem administrasi akademik (SIAKAD) yang digunakan di STKIP Harapan Bima menggunakan PIECES Framework. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Sampel dari penelitian adalah 25 mahasiswa STKIP Harapan Bima. Teknik pengumpulan data menggunakan angket skala likert. Metode ini dilakukan dengan menyebarkan daftar pernyataan atau pertanyaan dimana hasilnya nanti kemudian diolah untuk mendapatkan nilai dari masing-masing domain pada PIECES Framework. Teknik analisis data yang digunakan dengan cara menentukan nilai rata-rata. Berdasarkan metode analisis kerangka kerja PIECES dalam mengevaluasi sistem informasi akademik STKIP Harapan Bima didapatkan nilai tingkat kepuasan responden mahasiswa dari masing-masing domain yaitu masuk pada predikat PUAS. Sistem informasi akademik berdasarkan kerangka kerja PIECES sudah mampu memberikan kepuasan kepada pengguna
Pemanfaatan E-Learning Mooodle Sebagai Media Pembelajaran: A Literatur Review Hekmatyar, Gulbudin; Zulfitria, Zulfitria; El Gumeri, Mahmudah
Infomatika: Pendidikan Informatika Vol 3, No 1 (2024): April 2024
Publisher : STKI Harapan Bima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56842/infotika.v3i1.287

Abstract

Penelitian ini bertujuan melakukan kajian secara literatur mengenai E-Learning dengan menggunakan moodle sebagai salah satu media yang dapat menunjang pembelajaran. Penelitian ini menggunakan studi kepustakaan atau studi literatur dengan 5 tahapan utama, yaitu penentuan tema, pencarian database, seleksi database, analisis dan sintesis database, serta penarikan kesimpulan. Hasil kajian literatur menunjukkan bahwa E-Learning moodle memiliki peluang besar dalam meningkatkan keaktifan dan interaksi peserta didik dalam proses pembelajaran. Lebih lanjut, Moodle memiliki fitur-fitur interaktif, seperti, kuis, materi pembelajaran yang dapat diunduh, dan penilaian otomatis. Sementara itu untuk dampak pemanfaatan Moodle dalam pembelajaran membrikan dampak yang beragam, seperti peningkatan hasil belajar siswa, keaktifan pembelajaran, pemenuhan kebutuhan pembelajaran sesuai dengan kebutuhan dan gaya belajar, penilaian pembelajaran yang lebih efektif dengan sistem otomatisasi dan pemberian umpan balik. Dengan demikian, moodle merupakan media pendukung untuk proses pembelajaran berbasis teknologi.

Page 1 of 3 | Total Record : 30