Guru merupakan fasilitator dalam kegiatan pembelajaran bagi siswanya di sekolah. Peran guru juga tidak dapat dipisahkan dalam menanamkan pendidikan karakter pada anak di sekolah. Anak usia dini berada pada tahap golden age yaitu anak mengalami perkembangan pengetahuan, fisik dan mental, siap menerima segala rangsangan dari lingkungannya. Pelatihan karakter pada anak merupakan upaya menanamkan nilai-nilai kebaikan sejak dini. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penanaman pendidikan karakter pada anak usia dini dengan menggunakan buku cerita bergambar qashas. Penelitian ini menggunakan teknik deskriptif kualitatif. Pengumpulan data melalui observasi dan wawancara. Penelitian ini bertempat di RA Al-Amin DDI Cambalagi, dengan subjek penelitian kepala RA dan guru. Hasil penelitian ini menjelaskan penanaman pendidikan karakter pada anak usia dini melalui buku cerita bergambar qashas dengan cara membacakan buku cerita yang berisi kisah-kisah keteladanan Nabi dan para sahabat yang terjadi pada masa lampau. Kemudian menghubungkan nilai-nilai karakter baik dari tokoh-tokoh teladan dalam cerita dengan kehidupan sehari-hari anak yang dapat membantu dalam menumbuhkan karakter pribadi anak melalui tokoh-tokoh Islami dalam cerita tersebut. Nilai-nilai pendidikan karakter yang diajarkan kepada anak meliputi agama, toleransi, kejujuran, kerja keras, cinta damai, disiplin dan tanggung jawab.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024