Kemampuan membaca permulaan merupakan bagian penting dari perkembangan anak usia dini. Di jenjang pendidikan usia dini, guru mengajarkan kemampuan membaca permulaan. Dalam rangka meningkatkan kemampuan membaca permulaan anak usia dini banyak media yang dapat digunakan salah satunya media kartu bergambar. Berdasarkan hal tersebut maka pada penelitian ini akan diteliti mengenai penerapan media kartu bergambar untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan desain penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini dengan menggunakan observasi, wawancara, studi dokumentasi, dan partisipan. Analisis data menggunakan Miles dan Huberman. Hasil dari penggunaan media kartu bergambar untuk meningkatkan kemampuan anak dalam membaca permulaan menunjukkan hasil yang baik. Di mana berdasarkan hasil observasi maupun wawancara menunjukkan dari 22 orang anak di PAUD SPS Bougenvil sebagian besar anak sudah dapat membaca permulaan. 17 anak setara dengan 77,27% sudah mahir membaca dan sisanya sebanyak 5 anak setara dengan 22,73% belum mahir membaca permulaan.
Copyrights © 2024