Konsep andragogi terus berkembang seiring dengan perubahan zaman dan kemajuan dalam ilmu pendidikan. Pendidikan orang dewasa di Indonesia, khususnya di sektor maritim, telah mengalami perkembangan signifikan dengan hadirnya Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran (STIP) Jakarta. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi penerapan prinsip andragogi dalam pendidikan formal dan nonformal di Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran (STIP) Jakarta, dengan fokus pada metode pengajaran, pengalaman belajar, dan motivasi peserta. Metodologi yang digunakan meliputi wawancara, observasi, dan analisis dokumen kurikulum, yang melibatkan mahasiswa dan peserta diklat di berbagai tingkat. Temuan menunjukkan bahwa penerapan prinsip andragogi secara signifikan meningkatkan keterlibatan peserta didik, dengan mahasiswa dan peserta diklat menunjukkan motivasi tinggi untuk meningkatkan keterampilan yang relevan dalam dunia kerja. Sajian dan analisis data mengindikasikan bahwa metode pengajaran yang berfokus pada kemandirian, pengalaman hidup, dan relevansi materi meningkatkan efektivitas pembelajaran, serta menunjukkan perlunya pengembangan kurikulum yang lebih adaptif dan responsif terhadap kebutuhan peserta didik dewasa. Penerapan prinsip andragogi dalam pendidikan di Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran (STIP) Jakarta menunjukkan bahwa metode pembelajaran yang berfokus pada kemandirian, pengalaman hidup, dan relevansi materi dapat meningkatkan motivasi dan keterlibatan peserta didik, baik dalam konteks pendidikan formal maupun nonformal. Temuan ini memberikan kontribusi terhadap peningkatan kualitas pendidikan di sektor maritim.
Copyrights © 2024