MENTARI : Journal Of Islamic Primary School
Vol 2 No 4 (2024): December 2024

Pengembangan Bahan Ajar LKPD Berbasis Realistic Mathematics Education (RME) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika di Madrasah Ibtidaiyah Al–Aziz Jati Sawahan Lengkong Nganjuk

Amianah, Siti (Unknown)
Masrifatin, Yuni (Unknown)



Article Info

Publish Date
16 Dec 2024

Abstract

Pengembangan bahan ajar dilakukan agar dapat memberikan kemudahan untuk peserta didik dalam menyelesaikan materi pembelajaran dalam matapelajaran matematika. Berdasarkan hasil wawancara dengan guru wali kelas IV MI Al –Aziz dalam pembelajaran matematika, beberapa peserta didik memiliki hasil belajar matematika dibawah KKM, terutama pada materi pecahan. Hal ini disebabkan keterbatasan bahan ajar yang ada yang tidak menarik antusias siswa dalam belajar. Untuk mengatasi masalah tersebut, maka peneliti merasa perlu untuk mengembangkan bahan ajar yaitu LKPD yang dikembangkan berbasis RME. Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimana pengembangan bahan ajar berbasis Realistic Mathematics Education materi pecahan untuk siswa kelas IV MI Al – Aziz dan bagaimana efektivitas LKPD berbasis Realistic Mathematics Education terhadap hasil belajar siswa kelas IV MI Al – Aziz. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan bahan ajar berbasis RME pada materi pecahan untuk siswa kelas IV MI Al – Aziz .Serta ingin mengetahui Efektivitas LKPD berbasis RME terhadap hasil belajar siswa kelas IV MI Al – Aziz. Metode Penelitian yang digunakan dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Sedangkan jenis penelitian menggunakan Reseacrh and Development (R&D), mengacu pada model ADDIE yang diadopsi menjadi lima langkah yaitu; 1) Analisis (analisys); 2) Desain (design); 3) Pengembangan(developmet) 4) Implementasi (implementation); dan 5) Evaluasi (evaluation). Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahan ajar yang dikembangkan mendapat kriteria sangat baik / sangat layak dan valid, berdasarkan penilaian oleh ahli materi dan ahli desain dengan perolehan skor masing – masing, 97,7% oleh ahli materi, 94,5% oleh ahli desain / media, dan 88,3% oleh penilaian siswa. Sedangkan hasil keefekifan yang didapat dari instrument pretest dan postest yang diberikan kepada peserta didik, memenuhi kriteria keefektifan dan masuk kategori efektif terhadap hasil belajar siswa kelas IV, dengan persentase sebesar 79 % dan memenuhi kriteria keefektifan.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

ment

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Mentari : Journal of Islamic Primary School is a double-blind peer-reviewed journal published by the Study Program of Education for Islamic Elementary School Teachers , Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Miftahul Ula Kertosono Nganjuk. The journal publishes research articles of Islamic primary ...