Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis kebijakan dari pendidikan vokasi, yang berfokus pada tantangan di bidang pekerjaan dan kemajuan di bidang AI. Pendidikan Vokasi di Indonesia Pendidikan vokasi merupakan model pendidikan yang mengusung keunggulan berupa 70% praktek dan 30% teori dengan harapan dapat menjadi salah satu jawaban dalam permasalahan penyiapan lulusan perguruan tinggi dengan keahlian terapan yang dibutuhkan oleh pasar tenaga kerja. Sedangkan Istilah "kecerdasan buatan" mengacu pada sejumlah prinsip teknologi informasi, termasuk komputasi, pengembangan perangkat lunak, dan transfer data. Studi ini memanfaatkan pendekatan kualitatif dengan menggunakan metode penelitian literatur. Dalam kebijakannya, ada dua tantangan besar dalam konsepsi pendidikan vokasi ini, yakni terbatasnya keterlibatan aktif dunia industri dan Kualifikasi kompetensi lulusan pendidikan Vokasi masih rendah. Di sisi lain, kemajuan bidang AI memberikan kontribusi dalam pendidikan vokasi yakni meliputi Peningkatan efisiensi, pembelajaran jadi lebih bersifat personalisasi, umpan balik yang instan, analisis data jadi lebih mendalam, pengembangan keterampilan praktis, aksesibilitas dan fleksibilitas, kesiapan menghadapi dunia teknologi 5.0.
Copyrights © 2024