Penelitian ini berjenis penelitian kuantitatif yang bertujuan untuk menganalisis Pengaruh Gaya Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru Pada Madrasah Aliyah Al Fatah Ambon. Penelitian ini melibatkan 48 sampel yang merupakan guru dan siswa pada Madrasah Aliyah Al Fatah Ambon dengan teknik penarikan sampel yaitu purposive sample. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner yang diukur menggunakan skala likert. Teknik pengujian data yang dilakukan dalam penelitian ini meliputi, uji instrumen (validitas, realibilitas). Metode analisis datanya yang digunakan yaitu analisis regresi linear sederhana. Pengujian hipotesis terdiri dari uji t dan uji koefisien determinasi (R2), semua pengujian dilakukan menggunakan aplikasi SPSS Versi 30. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh kepemimpinan transformasional kepala sekolah (Idealized influence, inspirational motivation, intellectual stimulation dan individual consideration) terhadap kinerja guru. Hal ini dapat dilihat dari hasil pada uji t yang mana nilai t hitung lebih besar daripada t tabel, yang artinya ada pengaruh gaya kepemimpinan transformasional kepala sekolah terhadap kinerja guru. Saran untuk peneliti selanjutnya agar dapat melakukan penelitian lanjutan dengan menggunakan variabel yang berbeda yang diduga mampu mempengaruhi kinerja guru.
Copyrights © 2024