Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh nilai Pancasila terhadap motivasi sosial dan perwujudan pemilu demokratis pada generasi Z, yang merupakan kelompok usia yang tumbuh dan berkembang di era digital. Nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila, seperti kemanusiaan yang adil dan beradab, keadilan sosial, serta musyawarah mufakat, diyakini dapat mempengaruhi sikap dan perilaku generasi Z dalam berinteraksi sosial dan berpartisipasi dalam kehidupan politik. Melalui metode literature review, penelitian ini mengumpulkan dan menganalisis berbagai sumber yang membahas peran nilai Pancasila dalam membentuk motivasi sosial serta partisipasi politik, khususnya dalam konteks pemilu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai Pancasila dapat meningkatkan kesadaran sosial dan mendorong generasi Z untuk lebih aktif dalam berpartisipasi dalam kegiatan sosial yang mendukung kesejahteraan bersama. Selain itu, pemahaman terhadap nilai Pancasila juga dapat memperkuat semangat demokrasi dan partisipasi aktif dalam pemilu yang lebih berkeadilan. Meskipun demikian, tantangan utama yang dihadapi adalah bagaimana memastikan nilai-nilai tersebut tetap relevan di era digital yang serba cepat dan penuh informasi. Oleh karena itu, penting untuk mengembangkan program pendidikan yang dapat mengintegrasikan nilai-nilai Pancasila secara efektif dalam kehidupan generasi Z, baik melalui pendidikan formal maupun pemanfaatan media sosial. Penelitian ini memberikan wawasan bagi pengembangan strategi pendidikan dan kebijakan yang dapat meningkatkan peran aktif generasi Z dalam mewujudkan pemilu yang demokratis dan berkeadilan, sesuai dengan nilai-nilai Pancasila. This study aims to examine the influence of Pancasila values on social motivation and the realization of democratic elections in generation Z, which is an age group that grows and develops in the digital era. The values contained in Pancasila, such as fair and civilized humanity, social justice, and consensus deliberation, are believed to influence Generation Z's attitudes and behaviors in social interaction and participation in political life. Through the literature review method, this research collects and analyzes various sources that discuss the role of Pancasila values in shaping social motivation and political participation, especially in the context of elections. The results show that the value of Pancasila can increase social awareness and encourage generation Z to be more active in participating in social activities that support common welfare. In addition, understanding the value of Pancasila can also strengthen the spirit of democracy and active participation in more equitable elections. However, the main challenge is how to ensure that these values remain relevant in the fast-paced and information-packed digital era. Therefore, it is important to develop educational programs that can effectively integrate Pancasila values in the lives of Generation Z, both through formal education and the use of social media. This research provides insights for the development of educational strategies and policies that can increase the active role of generation Z in realizing democratic and fair elections, in accordance with the values of Pancasila.
Copyrights © 2024