Keterampilan pada abad 21 yang perlu dikuasai oleh peserta didik antara lain adalah keterampilan berpikir kritis, memecahkan masalah, dan kerja sama. Keterampilan abad 21 ini menjadi penting karena dunia kerja menuntut adanya perubahan kompetensi, dimana berpikir kritis merupakan salah satu keterampilan abad ke-21 yang penting untuk dikembangkan. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa di kelas V Sekolah Dasar Negeri 1 Purwajaya, Lampung Barat dengan menggunakan model problem based learning. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas. subjek penelitian yang digunakan adalah siswa V Sekolah Dasar Negeri 1 Purwajaya, Lampung Barat sebanyak 30 siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam materi ekosistem. Instrumen yang dipakai untuk mengumpulkan data ialah lembar observasi, tes tertulis dan dokumentsi. Hasil tes pada siklus I diperoleh persentase kriteria berpikir kritis siswa sebesar 60% dan memperoleh peningkatan hasil belajar sebesar 36,67% dibandingkan dengan prasiklus, 23,33% dan pada akhir siklus II meningkat menjadi 86,66% yang di kategorikan sangat tinggi. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran problem based learning (PBL) dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa. Kata Kunci: Keterampilan Berpikir Kritis
Copyrights © 2024