Penelitian ini bertujuan untuk mendeskipsikan kreativitas guru kelas dalam mengimplementasikan kurikulum merdeka beserta faktor pendukung dan penghambatnya. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan menggunakan metode kualitatif dimana pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Dengan menggunkan teknik analisis yang dikembangkan oleh Matthew B. Milles dan diuji keabsahannya melalui tianggulasi sumber dan trianggulasi teknik,  dapat diketahui bentuk-bentuk kreativitas guru kelas dalam proses pembelajaran. Kreativitas tersebut dapat dilihat dalam tiga aspek yaitu kreativitas dalam hal manajemen kelas, kreativitas dalam menggunakan metode pembelajaran dan kreativitas dalam menggunakan media pembelajaran. Faktor-faktor yang mendukung kreativitas guru ini antara lain sikap tanggung jawab sebagai guru dan adanya pelatihan. Sedangkan faktor yang menjadi penghambat yaitu keterbatasan waktu, keterbatasan sarana dan prasarana serta kurangnya apresiasi dari pihak sekolah.Kata Kunci: Kreativitas, Kurikulum Merdeka
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024