DAR EL-ILMI : Jurnal Studi Keagamaan, Pendidikan dan Humaniora
Vol 11 No 2 (2024): Oktober

PENINGKATKAN MOTIVASI SISWA MENGGUNAKAN MODEL PICTURE AND PICTURE DI KELAS III SDN 12 PANAI HILIR

Padillah, Padillah (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Nov 2024

Abstract

Penelitan ini dilakukan pada siswa Kelas III SDN 12 Panai Hilir Kabupaten Labuhanbatu dengan waktu pelaksanaan 3 Oktober sampai dengan 30 Oktoberi 2023 Tahun Pembelajaran 2023/2024 yang bertujuan untuk : memanfaatkan model pembelajaran Picture and Picture untuk meningkatkan pengajaran sains tentang topik yang berhubungan dengan cuaca dan bagaimana pengaruhnya terhadap orang-orang di kelas III SDN 12 Panai Hilir. Hasil penelitian pada siklus 1 rata-rata kelas siswa meningkat menjadi 72,92 dimana 18 siswa (75%) memperoleh ketuntasan, 6 siswa (25%) yang belum tuntas dan nilai observasi aktivitas siswa 60% kategori penilaian baik secara klasikal. Pada siklus 2 rata-rata kelas siswa meningkat 81,1 dimana 24 siswa (100%) memperoleh ketuntasan, dan nilai observasi aktivitas siswa 90% kategori penilaian baik sekali secara klasikal. Berdasarkan temuan ketuntasan belajar siswa pada setiap siklus, hanya siklus 2 yang dapat digunakan untuk menyatakan bahwa kelompok siswa tersebut telah menyelesaikan pendidikan klasikal. Penerapan model pembelajaran pciture and picture melalui Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dapat meningkatkan motivasi belajar siswa tentang cuaca dan dampaknya terhadap manusia di kelas III SDN 12 Panai Hilir Tahun Pelajaran 2023/2024.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

dar

Publisher

Subject

Education Other

Description

DAR EL-ILMI: Jurnal Studi Keagamaan, Pendidikan, dan Humaniora diterbitkan oleh Fakultas Agama Islam Universitas Islam Darul Ulum Lamongan. Terbit pada bulan April dan Oktober setiap tahun. DAR EL-ILMI: Jurnal Studi Keagamaan, Pendidikan, dan Humaniora memuat kajian-kajian ilmiah tentang pemikiran ...