J-PiMat : Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 6, No 2 (2024): J-PiMat

Modul Matematika Berbasis Problem Based Learning Berbantuan Geogebra Untuk Memfasilitasi Kemampuan HOTS

Kurniawati, Eka Fitri (Unknown)
Umroh, Umroh (Unknown)
Kusumo, Bangun Jati (Unknown)
Pujiastuti, Heni (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 Nov 2024

Abstract

Dalam pembelajaran matematika dibutuh pembelajaran yang menarik yang mampu memenuhi kebutuhan karakteristik siswa terutama dalam menyelesaikan masalah dalam materi sudut dan garis dengan memvisualisasikan permasalahan tersebut kedalam bentuk garis dan gambar atau grafik. Maka penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul matematika berbasis Problem Based Learning (PBL) dengan bantuan perangkat lunak GeoGebra untuk memfasilitasi kemampuan berpikir tingkat tinggi (Higher Order Thinking Skills atau HOTS) pada materi garis dan sudut. Penelitian ini dilaksanakan di kelas VII SMP Negeri 2 Rangkasbitung dengan menggunakan model pengembangan ADDIE. Hasil penelitian menunjukkan bahwa modul yang dikembangkan efektif dalam memfasilitasi kemampuan HOTS siswa, dilihat dari hasil validasi mendapatkan rata-rata sebesar 89,4% dari ahli media, dengan rata-rata 83,45% dari ahli pendidikan, dan dengan rata-rata 84,51% dari ahli matematika, sedangkan berdasarkan angket respon siswa didapatkan rata-rara 70,8%. Kata Kunci: Problem Based Learning; GeoGebra; HOTS

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jpimat

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Journal of Mathematics Education (J-PiMat) (e-ISSN: 2684-7981) is a scientific journal that publishes scientific articles from research, literature studies, ideas, theoretical applications, critical analysis studies, and class action studies in the science of Mathematics Education. J-PiMat publishes ...