Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan jenis-jenis soal pada buku teks matematika SMP kelas VII edisi 2021 dari Kemdikbud dalam Kurikulum Merdeka yang mendukung kemampuan literasi matematika siswa. Analisis terhadap 223 soal menunjukkan bahwa 69,30% merupakan soal serupa PISA, lebih tinggi dibanding edisi sebelumnya di Kurikulum 2013 yang hanya mencapai 49,26%. Proporsi konteks soal PISA paling dominan adalah konteks sosial (55,03%), sedangkan konten yang paling sering muncul adalah ketidakpastian dan data (34,23%) serta kuantitas (33,56%). Proses yang paling sering diterapkan adalah penggunaan konsep matematika, fakta, prosedur, dan penalaran (employ) dengan proporsi 55,70%. Meskipun terjadi peningkatan jumlah soal serupa PISA, persebaran tiap aspek PISA dalam buku ini masih kurang merata. Hal ini mengindikasikan perlunya guru menggunakan sumber belajar tambahan untuk melengkapi materi dalam buku teks tersebut. Secara keseluruhan, kualitas buku teks matematika dalam Kurikulum Merdeka menunjukkan peningkatan dalam mendukung literasi matematika dibandingkan edisi kurikulum sebelumnya, dengan proporsi soal PISA yang lebih tinggi dan variasi konten yang lebih kaya. Kata Kunci: Buku Teks, Kurikulum Merdeka, Literasi Matematika, PISA
Copyrights © 2024