Diadik: Jurnal Ilmiah Teknologi Pendidikan
Vol 14 No 2 (2024): Oktober 2024

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE COOPERATIVE SCRIPT UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENYIMAK DAN PRESTASI BELAJAR

Safruddin (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 Dec 2024

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah : 1) Untuk mendiskripsikan penerapan model pembelajaran Kooperatif tipe Cooperative Script dapat meningkatkan menyimak peserta didik dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti. 2) Untuk mendiskripsikan penerapan model pembelajaran Kooperatif tipe Cooperative Script dapat meningkatkan prestasi belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti. 3) Untuk mendiskripsikan efektivitas penerapan model pembelajaran Kooperatif tipe Cooperative Script dalam belajar pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) kemudian dilanjutkan dengan penelitian eksperimen. Subjek penelitian PTK ini adalah peserta didik kelas V SDN 06 Selagan Raya sedangkan di kelas eksperimen kelas V SDN 04 Selagan Raya. Teknik pengumpulan data nilai dalam penelitian ini adalah peneliti sendiri, tes tertulis dan lembar observasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisa deskriptif komparatif, analisa observasi menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Simpulan dari penelitian ini adalah : 1) Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Cooperative Script dapat meningkatkan kemampuan menyimak dan kecermatan peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti. 2) Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Cooperative Script dapat meningkatkan prestasi belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti. 3) Model pembelajaran kooperatif tipe Cooperative Script efektif digunakan dalam proses pembelajaran karena selain meningkatkan kemampuan menyimak juga dapat meningkatkan prestasi peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

diadik

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

Diadik : Jurnal Ilmiah Teknologi Pendidikan adalah jurnal ilmiah yang dikelola oleh Program Studi Magister Teknologi Pendidikan, FKIP Universitas Bengkulu. Jurnal ini memuat hasil penelitian maupun kajian yang berkaitan dengan perkembangan teknologi ...