Tujuan penelitian ini untuk: (1) Mengembangkan multimedia pembelajaran Matematika berbasis Augmented Reality yang layak sehingga mampu meningkatkan kemandirian belajar peserta didik (2) Mendeskripsikan efektivitas multimedia pembelajaran Matematika berbasis Augmented Reality untuk meningkatkan kemandirian belajar peserta didik. Dalam penelitian ini digunakan jenis penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D). Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII di SMP Santo Yosef Lahat, SMP Negeri 4 Lahat, dan SMP Negeri 2 Merapi Timur. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian adalah wawancara dan angket. Analisis data yang digunakan adalah (1) Analisis data instrumen penilaian ahli materi, (2) Analisis data instrumen penilaian ahli media, (3) Analisis data tanggapan peserta didik, (4) Analisis n-gain angket kemandirian belajar. Instrumen validasi pengembangan multimedia dan kemandirian peserta didik dalam penelitian yang digunakan adalah model skala linkert. Simpulan dari penelitian ini adalah: (1) Multimedia pembelajaran Matematika berbasis Augmented Reality yang dikembangkan, layak untuk meningkatkan kemandirian belajar peserta didik (2) Multimedia pembelajaran Matematika berbasis Augmented Reality efektif untuk meningkatkan kemandirian belajar peserta didi
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024