Diadik: Jurnal Ilmiah Teknologi Pendidikan
Vol 14 No 2 (2024): Oktober 2024

PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS AUGMENTED REALITY UNTUK MENINGKATKAN KEMANDIRIAN BELAJAR PESERTA DIDIK

Petrus Chanel Dananjaya (Unknown)
Alexon (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 Dec 2024

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk: (1) Mengembangkan multimedia pembelajaran Matematika berbasis Augmented Reality yang layak sehingga mampu meningkatkan kemandirian belajar peserta didik (2) Mendeskripsikan efektivitas multimedia pembelajaran Matematika berbasis Augmented Reality untuk meningkatkan kemandirian belajar peserta didik. Dalam penelitian ini digunakan jenis penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D). Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII di SMP Santo Yosef Lahat, SMP Negeri 4 Lahat, dan SMP Negeri 2 Merapi Timur. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian adalah wawancara dan angket. Analisis data yang digunakan adalah (1) Analisis data instrumen penilaian ahli materi, (2) Analisis data instrumen penilaian ahli media, (3) Analisis data tanggapan peserta didik, (4) Analisis n-gain angket kemandirian belajar. Instrumen validasi pengembangan multimedia dan kemandirian peserta didik dalam penelitian yang digunakan adalah model skala linkert. Simpulan dari penelitian ini adalah: (1) Multimedia pembelajaran Matematika berbasis Augmented Reality yang dikembangkan, layak untuk meningkatkan kemandirian belajar peserta didik (2) Multimedia pembelajaran Matematika berbasis Augmented Reality efektif untuk meningkatkan kemandirian belajar peserta didi

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

diadik

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

Diadik : Jurnal Ilmiah Teknologi Pendidikan adalah jurnal ilmiah yang dikelola oleh Program Studi Magister Teknologi Pendidikan, FKIP Universitas Bengkulu. Jurnal ini memuat hasil penelitian maupun kajian yang berkaitan dengan perkembangan teknologi ...