Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan: (1) pengembangan e-modul mata pelajaran kimia untuk meningkatkan prestasi belajar siswa, (2) kelayakan e-modul mata pelajaran kimia untuk meningkatkan prestasi belajar siswa, (3) efektifitas e-modul mata pelajaran kimia untuk meningkatkan prestasi belajar siswa. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan (R&D). Penelitian ini dikembangkan dengan menggunakan lima tahapan model pengembangan ADDIE, yaitu 1) analyze, 2) design, 3) development, 4) Implementation, dan 5) evaluation. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas XI MIPA di SMA Negeri 3 Bengkulu Tengah. Teknik pengumpulan data dalam penelitian adalah wawancara, observasi, angket, dan hasil tes siswa. Analisis data yang digunakan yaitu analisis kelayakan e-modul dengan menggunakan uji ahli kemudian uji keefektifan e-modul menggunakan uji t. Simpulan dari penelitian ini adalah (1) e-modul mata pelajaran kimia yang dikembangkan melalui tahapan ADDIE, (2) e-modul mata pelajaran kimia yang dikembangkan layak dalam meningkatkan prestasi belajar siswa Kelas XI MIPA, (3) e-modul mata pelajaran kimia yang dikembangkan efektif dalam meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran kimia di Kelas XI MIPA
Copyrights © 2024