PROSIDING SEMINAR NASIONAL CENDEKIAWAN
Prosiding Seminar Nasional Cendekiawan 2015 Buku II

PENGARUH RELATIONAL BONDS TERHADAP BRAND LOYLATY YANG DIMEDIASI OLEH BRAND RELATIONSHIP QUALITY PADA PRODUK SEPATU OLAHRAGA

Indah Pratiwi (Unknown)
Ganawati . (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 Apr 2016

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh Relational Bonds yangterdiri dari (financial bonds, social bonds, structural bonds) terhadap Brand Loyalty(behavioral loyalty dan attitudinal loyalty) yang di mediasi oleh Brand Relationship Quality(attitudinal attachment dan sense of community) pada industry sepatu olah raga.Penelitian ini dilakukan kepada 147 orang responden yang tergabung dalam komunitasNike dan melakukan pembelian ulang dalam 6 (enam) bulan terakhir dan di analisismenggunakan Structural Equation Model (SEM) dengan bantuan software AMOS.Penelitian ini menunjukan bahwa terdapat pengaruh positif Financial Bonds terhadapAttitudinal Attachment, Financial Bonds terhadap Sense of Community, Social Bondsterhadap Attitudinal Attachment, Social Bonds terhadap Sense of Community, StructuralBonds terhadap Attitudinal Attachment, Structural Bonds terhadap Sense of Community,Attitudinal Attachment terhadap Behavioral Loyalty, Attitudinal Attachment terhadapAttitudinal Loyalty, Sense of Community terhadap Behavioral Loyalty, Sense ofCommunity terhadap Attitudinal Loyalty, dan Brand Relationship Quality (AttitudinalAttachment dan Sense of Community) mampu memediasi pengaruh Relational Bonds(Financial, Social, dan Structural) terhadap Brand Loyalty (Behavioral Loyalty danAttitudinal Loyalty. Hasil penelitian ini dapat di gunakan sebagai bahan pertimbangan bagipara manajer untuk meningkatkan Relational Bonds agar tercipta Brand RelationshipQuality sehingga menghasilkan Brand Loyalty.

Copyrights © 2015