Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kepercayaan, komitmen dan komunikasi terhadap loyalitaspelanggan pada PT. Telkom Indonesia Kantor Cabang Kraksaan Kabupaten Probolinggo. Penelitian kuantitatif dengan hubungan asosiasif kausal ialah jenis penelitian yang dipakai. Kepercayaan (X1), komitmen (X2) dan komunikasi (X3) ialah variabel independen. Sedangkan loyalitas pelanggan(Y) ialah variable dependen yang dipakai di dalam penelitian ini. Sampel didalam penelitian ini ialah sebanyak 97 pelanggan. Penetapan sampel yang dipakai didalam penelitian ini ialah purposive sampling. Uji dugaan sementara (Hipotesis) bisa diambil kesimpulan yaitu varaibel kepercayaan diperoleh nilaithitung>ttabel (2,393> 1,660) menunjukkan bahwa kepercayaan berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan, variable komitmen diperoleh nilai thitung>ttabel (2,001 > 1,660) menunjukkan bahwa komitmen berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan dan variable komuniasi diperoleh nilai thitung>ttabel (2,948> 1,660) menunjukkan bahwa komunikasi berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan.
Copyrights © 2024