PT. XYZ merupakan perusahaan yang bergerak dalam bidang logistik. Seiring berjalannya waktu ada semakin banyak kompetitor-kompetitor baru yang bermunculan dan memperketat persaingan di bidang ini. Salah satu cara PT. XYZ untuk meningkatkan performa perusahaan adalah dengan melakukan pemilihan vendor dengan cermat. Pemilihan vendor yang tepat akan memberikan dampak positif bagi reputasi perusahaan serta meningkatkan efisiensi dan efektivitas operasional perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pemilihan vendor di PT. XYZ untuk menentukan vendor terbaik bagi perusahaan. Penelitian ini menggunakan pendekatan mixed methods yang didukung dengan pengumpulan data melalui wawancara serta kuesioner. Proses pengolahan data dalam penelitian ini menggunakan metode AHP sebagai sistem pendukung keputusan yang membantu peneliti untuk mengidentifikasi kriteria dan alternatif bagi perusahaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kriteria utama dalam pemilihan vendor adalah kriteria ketersediaan armada yang memiliki bobot tertinggi dengan nilai 0,553. Sedangkan vendor terpilih adalah vendor B dengan nilai 0,358 dari total empat alternatif vendor lainnya.
Copyrights © 2024