JATI (Jurnal Mahasiswa Teknik Informatika)
Vol. 8 No. 6 (2024): JATI Vol. 8 No. 6

DESAIN UI/UX APLIKASI SHOLIST UNTUK MENINGKATKAN EFISIENSI TRANSAKSI BELANJA DENGAN FITUR SELF-SERVICE DAN NOMOR ANTREAN MENGGUNAKAN METODE HUMAN CENTERED DESIGN

Sufah, Feila (Unknown)
Susilo Yuda Irawan, Agung (Unknown)



Article Info

Publish Date
18 Nov 2024

Abstract

Di era modern, teknologi banyak dimanfaatkan untuk mengefisiensikan waktu dan mempermudah aktivitas sehari-hari. Namun, sebagian besar aplikasi belanja saat ini masih memerlukan interaksi langsung dengan kasir, yang sering kali menyebabkan keterlambatan pembayaran, terutama jika jumlah kasir aktif terbatas. Selain itu, antrean panjang menjadi masalah yang menurunkan kenyamanan pelanggan. Untuk mengatasi kendala ini, aplikasi Sholist dirancang dengan fitur pengambilan nomor antrean dan pembayaran mandiri yang bertujuan meningkatkan efisiensi belanja. Aplikasi ini memanfaatkan pendekatan Human-Centered Design (HCD) untuk memahami kebutuhan pengguna secara optimal. Berdasarkan hasil pengujian, aplikasi Sholist terbukti mampu meningkatkan efisiensi belanja dengan memperpendek waktu tunggu dan mempermudah proses pembayaran, sehingga memberikan solusi efektif yang dapat meningkatkan pengalaman belanja pengguna secara keseluruhan.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jati

Publisher

Subject

Computer Science & IT

Description

Adalah jurnal mahasiswa yang diterbitkan oleh Teknik Informatika Institut Teknologi Nasional Malang, sebagai media publikasi hasil Skripsi Mahasiswa Teknik Informatika ke khalayak luas, diterbitkan secara berkala 6 kali setahun pada bulan Februari, April, Juni, Agustus, Oktober, ...