Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis profil keterampilan literasi digital siswa SMA berdasarkan tujuh variabel: Akses Informasi, Evaluasi Informasi, Penggunaan Informasi, Etika Digital, Kreativitas Digital, Kolaborasi Digital, dan Keamanan Digital. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian survei dengan desain analisis deskriptif. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa SMAN 1 Batang Cenaku pada semester ganjil T.A. 2024/2025 yang terdiri dari 15 kelas. Angket yang digunakan memiliki skala Likert dengan pilihan jawaban Sangat Setuju, Setuju, Tidak Setuju, dan Sangat Tidak Setuju. Sampel terdiri dari 32 siswa kelas XI. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan literasi digital siswa secara umum berada pada kategori cukup hingga baik, dengan skor tertinggi pada variabel Etika Digital (4,4) dan terendah pada Keamanan Digital (3,5). Penelitian ini merekomendasikan penguatan program literasi digital berbasis sekolah, khususnya pada aspek keamanan digital, evaluasi informasi, dan kreativitas digital untuk meningkatkan keterampilan siswa.
Copyrights © 2024