JATI (Jurnal Mahasiswa Teknik Informatika)
Vol. 9 No. 1 (2025): JATI Vol. 9 No. 1

ANALISIS POLA PEMBELIAN KONSUMEN MENGGUNAKAN ALGORITMA APRIORI UNTUK MENENTUKAN STRATEGI PEMASARAN PRODUK DI TOKO RETAIL X

Safitry, Dwy Laila (Unknown)
Rosianti, Noviana (Unknown)
Divayaning, Erin (Unknown)
Zidan, Husein (Unknown)
Arnecia, Zahra Jane (Unknown)
Paryudi, Iman (Unknown)
Veritawati, Ionia (Unknown)
Nursari, Sri Rezeki Candra (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 Dec 2024

Abstract

Analisis pola pembelian konsumen telah menjadi kunci keberhasilan dalam industri retail modern yang semakin kompetitif. Meskipun demikian, banyak toko retail masih menghadapi tantangan dalam menganalisis data transaksi mereka secara efektif, yang dapat menghambat optimalisasi strategi pemasaran dan manajemen inventori. Untuk mengatasi permasalahan ini, penelitian ini mengusulkan implementasi algoritma Apriori guna melakukan market basket analysis pada data transaksi Toko retail X. Toko retail X merupakan sebuah platform e-commerce yang menjual berbagai hadiah dan peralatan rumah tangga. Melalui penerapan algoritma Apriori, penelitian ini berhasil mengidentifikasi beberapa association rule yang kuat antar produk, seperti kombinasi set Regency Teacup and Saucer, set Jumbo Bag, dan tea party set. Hasil analisis ini dapat dimanfaatkan untuk mengoptimalkan strategi pemasaran, termasuk penawaran bundling, dan rekomendasi produk yang lebih tepat sasaran, sehingga berpotensi meningkatkan penjualan dan tingkat kepuasan pelanggan

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jati

Publisher

Subject

Computer Science & IT

Description

Adalah jurnal mahasiswa yang diterbitkan oleh Teknik Informatika Institut Teknologi Nasional Malang, sebagai media publikasi hasil Skripsi Mahasiswa Teknik Informatika ke khalayak luas, diterbitkan secara berkala 6 kali setahun pada bulan Februari, April, Juni, Agustus, Oktober, ...