Berkala Ilmiah Pendidikan
Vol. 4 No. 3 (2024): Berkala Ilmiah Pendidikan

Konstruksi Pendidikan Islam Multikultural Di Madrasah Diniyah Badridduja Kraksaan Probolinggo

Agus Sulthoni Imami (Unknown)
Achmad Mawazir Az Zamzami (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Nov 2024

Abstract

Mengulas tentang konstruksi pendidikan Islam multikultural di Madrasah Diniyah bertujuan untuk memahami bagaimana pendidikan di madrasah diniyah diiintegrasikan dengan nilai-nilai multikulturalisme. Konstruksi nilai pendidikan Islam multikultural pada madrasah diniyah mencerminkan pendekatan inklusif dan holistik dalam pendidikan. Konstruksi nilai pendidikan Islam multikultural pada madrasah diniyah di pondok pesantren sangat reliabel dilakukan untuk memperkaya pengalaman belajar Siswa, dan tidak tercerabut dari budaya lokal Pondok Pesantren, bahkan juga membentuk individu toleran, terbuka, dan mampu menghargai keberagaman dalam konteks hubungan global. Penelitian ini dilakukan untuk mendeskripsikan dan menganalisa bentuk, penerapan, dan model konstruksi nilai Pendidikan Islam multikultural pada Madrasah diniyah di Pondok Pesantren. Penelitian ini menggunakan pendekatan fenomenologis melalui observasi partisipatiif, wawancara mendalam dengan pengurus, guru, dan siswa madrasah diniyah. Analisis data menggunakan analisis data Miles, Huberman, dan Sandana yaitu kondensasi, penyajian, dan verifikasi data. Temuan utama menunjukkan bahwa Madrasah Diniyah Asas Lil Ulumil Islamiyah d Pondok Pesantren Badridduja telah berhasil mengkonstruksi pendidikan Islam yang toleran dan menghargai keragaman. Hasil penelitian ini diharapkan bisa berkontribusi pada pengembangan pendidikan Agama Islam di Indonesia, khususnya di madrasah diniyah, untuk mengkonstruksi nilai-nilai multikulturalisme dalam kurikulum, proses pembelajaran, dan realitas sosial Siswa.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

bip

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Berkala Ilmiah Pendidikan (Online ISSN 2775-5312) publishes original articles on the latest issues and trends occurring in education curriculum, instruction, learning, policy, and preparation of teachers with the aim to advance our knowledge of education theory and practice. Moreover, this journal ...