Berkala Ilmiah Pendidikan
Vol. 4 No. 3 (2024): Berkala Ilmiah Pendidikan

Integrasi Wordwall Dalam Pembelajaran PAI: Membangun Antusiasme Belajar Pada Peserta Didik Sekolah Dasar

Nur Laili (Unknown)
Nur Aini (Unknown)
Jaenullah, Jaenullah (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Nov 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji integrasi Wordwall dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) guna membangun antusiasme belajar peserta didik sekolah dasar. Wordwall, sebagai media pembelajaran interaktif berbasis teknologi, diyakini mampu meningkatkan partisipasi dan motivasi peserta didik dalam proses pembelajaran. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah mixed method, yang menggabungkan pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Pendekatan kuantitatif dilakukan melalui pretest dan posttest untuk mengukur perubahan antusiasme belajar peserta didik, sedangkan pendekatan kualitatif dilakukan melalui observasi, wawancara, dan analisis dokumen untuk menggali pengalaman dan persepsi peserta didik serta guru terhadap penggunaan Wordwall. Hasil penelitian menunjukkan bahwa integrasi Wordwall dalam pembelajaran PAI secara signifikan meningkatkan antusiasme belajar peserta didik. Peserta didik menjadi lebih aktif, termotivasi, dan terlibat dalam pembelajaran. Temuan ini mengindikasikan bahwa penggunaan media berbasis teknologi seperti Wordwall dapat menjadi alternatif inovatif dalam mendukung pembelajaran PAI yang lebih menarik dan efektif. Penelitian ini merekomendasikan penggunaan Wordwall sebagai strategi pembelajaran yang relevan untuk menciptakan suasana belajar yang interaktif dan menyenangkan.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

bip

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Berkala Ilmiah Pendidikan (Online ISSN 2775-5312) publishes original articles on the latest issues and trends occurring in education curriculum, instruction, learning, policy, and preparation of teachers with the aim to advance our knowledge of education theory and practice. Moreover, this journal ...