Journal of Educational Administration and Leadership (JEAL)
Vol 5 No 1 (2025): Vol 5 Issue 1 (2025)

Pengaruh konsep diri terhadap motivasi berprestasi siswa sekolah menengah pertama

Irinda, Silvi (Unknown)
Kadri, Hanif Al (Unknown)



Article Info

Publish Date
18 Nov 2024

Abstract

Konsep diri dan motivasi berprestasi siswa adalah dua variabel penting perlu diteliti dalam ilmu administrasi pendidikan. banyak faktor yang mempengruhi motivasi berprestasi salah satunya konsep diri. Penelitian ini bertujuan guna mendapatkan informasi mengenai konsep diri, motivasi berprestasi, serta pengaruh antara keduanya di SMP Negeri Kecamatan Pantai Cermin. Metode yang dipakai pada penelitian ini kuantitatif, sampelnya di ambil dengan teknik Stratified Propotional Random Sampling. Teknik analisis yang digunakan yaitu analisis deskriptif, analisis korelasi dan regresi sederhana. Hasil pengolahan data didapati motivasi berprestasi sudah dalam kriteria baik, konsep diri sudah dalam kriteria baik, serta adanya hubungan yang signifikan sebesar 40,5% dari kedua variabel sehingga dapat disimpulkan konsep diri memiliki pengaruh terhadap motivasi berprestasi siswa di Sekolah menengah pertama negeri kecamatan pantai cermin.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jeal

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Education Social Sciences Other

Description

Ruang Lingkup pembahasan Journal of Educational Administration and Leadership (JEAL) yaitu perencanaan pendidikan, manajemen pendidikan, pengawasan pendidikan, kepemimpinan, manajemen sekolah, administrasi sekolah, manajemen sumber daya manusia, komunikasi organisasi, hubungan masyarakat, ...