Borobudur Educational Review
Vol 4 No 2 (2024)

Pengaruh model pembelajaran Inside Outside Circle (IOC) berbantuan media kartu pernafasan pencernaan dan pertumbuhan (KP-ING 3) terhadap keaktifan siswa kelas V SDN Nguwet

Aprilia Sari, Della (Unknown)
Hisnan Hajron, Kun (Unknown)
Mardiana, Tria (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Nov 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Inside Outside Circle (IOC) Berbantuan Media Kartu Pernafasan Pencernaan dan Pertumbuhan atau KP-ing 3 Terhadap Keaktifan Siswa Kelas V SD N Nguwet. Penelitian ini merupakan penelitian penelitian kuantitatif eksperimen. Jenis penelitian eksperimen yang digunakan adalah Quasi Experiment. Bentuk desain yang digunakan adalah non equivalent control group. Desain ini menggunakan dua kelompok, kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Data yang dikumpulkan menggunakan observasi dan didukung dengan instrumen lembar observasi (pretest dan posttest). Berdasarkan hasil pengolahan data, hasil dari lembar observasi keaktifan siswa (pretest) pada kelas eksperimen diperoleh nilai rata-rata 62,52, sedangkan untuk kelas kontrol diperoleh rata-rata 62,47. Kemudian setelah dilakukan tiga kali treatment didapatkan hasil dari lembar observasi keaktifan siswa (posttest) pada kelas eksperimen diperoleh nilai rata-rata 87,08, sedangkan untuk kelas kontrol diperoleh rata-rata 76,30. Dan untuk pengujian hipotesis menggunakan Uji Mann Whitney didapatkan hasil bahwa Asymp. Sig. (2-tailed) bernilai 0,001. Sehingga nilai signifikasinya adalah 0,001 < 0,05, maka dapat diartikan bahwa H1 diterima dan H0 ditolak. Maka, terdapat perbedaan keaktifan siswa antara hasil nilai posttest kelas eksperimen dan posttest kelas kontrol. Sehingga dapat disimpulkan juga bahwa “Ada perbedaan yang signifikan antara rata-rata pengaruh penggunaan model pembelajaran Inside Outside Circle (IOC) Berbantuan Media Kartu Pernafasan, Pencernaan, dan Pertumbuhan atau KP-ing 3 terhadap Keaktifan Siswa pada kelas eksperimen”.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

bedr

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

Aims BEDR is a peer-reviewed Journal of educational Studies published by Universitas Muhammadiyah Magelang. This journal published biannually and provides a forum for publishing the original research articles, review articles, and case study on the scope. This journal is issued twice a year and it ...