Kompetensi dasar pada materi sistem sirkulasi untuk Sekolah MenengahAtas  (SMA)   menghendaki  siswa  agar   dapat   mengembangkan  kemampuananalisis, yaitu pemecahan masalah, serta mengembangkan kompetensi sikap dan kompetensi keterampilan. Guru hendaknya dapat mengembangkan perangkat pembelajaran sehingga tuntutan kurikulum dapat tercapai. Tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan perangkat pembelajaran biologi berorientasi model PBLbermuatan karakter. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan  model pengembangan Plomp  yang  terdiri atas tiga tahap,  yaitu investigasi awal (preliminary research), pembuatan prototipe (prototyping phase) dan tahap  penilaian (assessment  phase).  Penelitian  ini dilakukan sampai pada tahap pembuatan prototipe. Pada tahap investigasi awal dilakukan analisis situasi dan permasalahan dalam pembelajaran biologi, analisis kurikulum dan analisis siswa. Pada tahap pembuatan prototipe telah dihasilkan perangkat pembelajaran yang selanjutnya divalidasi oleh ahli. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran yang dikembangkan telah valid. Hasil validasi RPP oleh validator adalah 88,91% (sangat valid). Hasil validasi handout adalah 83.02% (sangat valid). Hasil validasi LKS adalah 83,32% (sangat valid) dan hasil validasi instrumen evaluasi adalah 88.53% (sangat valid). Dapat disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran biologi berorientasi model PBL bermuatan karakter pada materi sistem sirkulasi untuk siswa SMA telah valid. 
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2016