Progressa: Journal of Islamic Religious Instruction
Vol. 7 No. 2 (2023): Agustus

Memahami Akar Budaya Islam Indonesia: Telaah Relevansi Strategi Problem Based Learning dalam Pembelajaran SKI

Baharudin, Amaliyah Ananda (Unknown)
Hariana, Sherlin (Unknown)
Munawir (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Aug 2023

Abstract

Fokus penelitian ini untuk mengkaji konsep sejarah kebudayaan Islam, penerapan strategi PBL, serta relevansi strategi PBL pada pembelajaran SKI sebagai upaya memahami akar budaya Islam di Indonesia. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian yaitu studi kepustakaan/literatur (library research). Data yang dikumpulkan bersumber baik itu dari buku, jurnal, maupun teks lainnya yang dianggap relevan. Berdasarkan analisis data yang ditemukan, diketahui bahwa pengaplikasian strategi PBL dapat mendukung dan memudahkan peserta didik dalam berpikir kritis untuk menyelesaikan permasalahan yang diberikan. Dari segi aspek pemahaman akar budaya Islam di Indonesia, digunakannya strategi PBL ini juga dapat memudahkan peserta didik membangun pemahaman mengenai hubungan antara budaya dan Islam yang pada dasarnya keduanya saling berkaitan.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

pgr

Publisher

Subject

Religion Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Progressa, a periodic scientific publication since 2017 published 2 (two) times a year using a peer-reviewed system in article selection. Scientific work on research results, surveys, and literature review closely related to the field of Islamic religious education viewed from various perspectives: ...