EDUPEDIA
Vol 8, No 2 (2024): Oktober

PENERAPAN PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI TEAMS ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) UNTUK PENINGKATAN KEMAMPUAN NUMERASI SISWA KELAS XI SMKN 8 PURWOREJO

Kurniasih, Nila (Unknown)
Purwoko, Riawan Yudi (Unknown)
Munawaroh, Shintia Dwi (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Oct 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan numerasi dengan menerapkan pembelajaran berdiferensiasi TAI. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian kelas XI TKR A SMK Negeri 8 Purworejo. Rendahnya kemampuan numerasi siswa menjadikan latar belakang penelitian ini dilaksanakan pada siswa kelas XI TKR A SMK Negeri 8 Purworejo yang berjumlah 34 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan metode pengamatan (observation), Tes Kemampuan Numerasi, dan dokumentasi. Instrumen penelitian ini menggunakan soal tes berbentuk essay pada tiap siklus. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukan adanya peningkatan kemampuan numerasi siswa dan persentase ketuntasan siswa yaitu pada siklus I dan siklus II. Pada observasi siklus I persentase nilai rata-rata siswa yaitu 63,125% dan dengan ketuntasan siswa mencapai 18,35%. Sedangkan pada siklus II persentase nilai rata-rata siswa yaitu 86,875% dan dengan ketuntasan siswa mencapai 81,25%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran berdiferensiasi Teams Assisted Individualization (TAI) dapat meningkatkan kemampuan numerasi siswa kelas XI TKR A SMK Negeri 8 Purworejo dengan ditandai meningkatnya hasil tes kemampuan numerasi.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

edupedia

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Mahasiswa dengan ruang lingkup pendidikan dan pengajaran ISSN Cetak 2614-1434 ISSN Online 2614-4409 ...