Dalam era digital saat ini, keterampilan literasi digital menjadi kebutuhan utama bagi generasi muda, terutama siswa di tingkat Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Literasi digital tidak hanya mencakup kemampuan teknis dalam menggunakan perangkat teknologi, tetapi juga kemampuan untuk memahami, mengevaluasi, dan menggunakan informasi secara kritis dan etis. Artikel ini bertujuan untuk mengkaji peran media literasi digital sebagai bagian dari pojok baca di SMK, yang dapat menjadi sarana efektif dalam mengembangkan keterampilan literasi digital siswa. Dengan menggunakan pendekatan partisipatif, artikel ini menjelaskan bagaimana pojok baca digital dapat diintegrasikan dalam kegiatan belajar mengajar di SMK, serta bagaimana media digital dapat mendukung pengembangan literasi informasi, peningkatan kemampuan berpikir kritis, dan pemanfaatan teknologi dalam kehidupan sehari-hari. Hasil dari kajian ini menunjukkan bahwa pojok baca digital di SMK dapat meningkatkan pemahaman siswa mengenai literasi digital, yang pada gilirannya membantu mereka dalam mengakses dan mengelola informasi secara efektif.
Copyrights © 2024