Masalah yang dihadapi di SDI Rinalolon yaitu kepala sekolah selama ini selalu melakukan supervisi akademik secara individual padahal para guru di sekolah tersebut dapat bekerja secara kolaboratif dan memiliki motivasi untuk selalu merefleksi kinerjanya dan berbagi pengalaman dengan rekan sejawatnya. Penelitian Tindakan Sekolah (PTS) ini dilaksanaan pada periode bulan Januari s.d bulan Desember tahun 2023 dan bertujuan untuk meningkatkan kompetensi pedagogik guru dalam proses pembelajaran melalui supervisi akademik. Metode penelitian yang digunakan yaitu Penelitian Tindakan Sekolah (PTS) dengan model Kemmis dan Mc.Taggart yang terdiri dari tahap: (1)perencanaan, (2)aksi/ tindakan, (3)observasi, dan (4)refleksi. Subyek penelitiannya yaitu 6 orang guru yang bertugas mengajar sebagai guru kelas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan persentase guru yang memperoleh skor minimal baik dari siklus 1 sebesar 33.33% ke 100% pada siklus 2. Peningkatan terbesar yaitu pada aspek menyesuaikan materi dengan tujuan pembelajaran yaitu sebesar 71.43%.
Copyrights © 2024